Pemerintah Buat Aplikasi Baru untuk Pembelajaran Tatap Muka

Hari Pertama Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Pemerintah akan membuat sistem baru melacak setiap orang untuk mencegah tertular dari COVID-19. Lewat suatu aplikasi bernama Proaktif Tracing, sistem pelacakan bakal terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

"Kemenkes bekerja sama dengan Kemenrdikbudristek-dikti dan juga Kementerian Agama akan membuat aplikasi Proaktif Tracing," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjri Effendy saat menyampaikan keterangan pers secara daring, Senin 1 November 2021.

Lantas bagaimana kerja aplikasi itu? Meski belum menjabarkan secara rinci, kata Muhadjir, aplikasi digunakan dalam waktu dekat untuk kegiatan pembelajaran tatap muka yang sudah diizinkan oleh pemerintah.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Baca juga: Baru Jadi, Ini Penampakan Trainset Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Muhadjir juga menyampaikan, pemerintah terus waspada walau angka kasus harian tengah menurun. "Kita juga harus terus waspada," ujarnya.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Sebelumnya pun diberitakan Presiden Jokowi mengingatkan pemerintah daerah supaya secara ketat mengawasi protokol kesehatan yang ada di sekolah. Menurut Presiden, menerapkan protokol kesehatan bukan pekerjaan mudah.

Hal ini disampaikan Presiden saat memberikan pengarahan pada acara Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Fitur Aplikasi Pedulilindungi

Photo :
  • Aplikasi Pedulilindungi

“Betul-betul cek betul kesiapan sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan betul-betul dijalankan karena mengelola anak SD bukan hal mudah. Satu, dua mulai sudah ada yang terpapar lagi,” kata Jokowi, Rabu 20 Oktober 2021.

Selain itu, Kepala Negara juga menginstruksikan, agar Pemerintah Daerah terus masif menggelar vaksinasi bagi para pelajar. Ini seiring dibukanya pembelajaran tatap muka (PTM) yang sudah diizinkan oleh Pemerintah. Ditegaskan oleh Jokowi, manajemen dan kontrol di lapangan sangat penting.

“Kontrol lapangan harus terus dilakukan utamanya sekarang berkaitan dengan sekolah Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Dicek betul kesiapan sekolah,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya