Besok, Presiden Jokowi Akan Resmikan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Ilustrasi penyuntikan Vaksin COVID-19
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa vaksinasi anak usia 6 sampai dengan 11 tahun akan dimulai besok, Selasa, 14 Desember 2021. Vaksinasi tersebut akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. 

Pesan Jokowi ke Menko PMK Muhadjir: Gudang Pangan di Papua Diisi Makanan Khas Lokal

"Kami juga ingin menyampaikan kalau vaksinasi anak usia 6 sampai 11 (tahun) akan dimulai besok, dan insya Allah akan diresmikan oleh bapak Presiden sendiri," kata Budi saat konferensi pers terkait rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Senin, 13 Desember 2021.

Budi menyampaikan, untuk pemilihan vaksin yang akan diberikan kepada anak usia 6-11 tahun yakni vaksin jenis Sinovac. Menurut Budi, pemilihan vaksin COVID-19 jenis Sinovac ini untuk anak 6-11 tahun sudah melalui persetujuan oleh BPOM.

Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah Elektronik ke Warga Banyuwangi

"Dalam vaksinasi yang vaksinnya diberikan untuk anak umur 6 sampai 11 tahun yang sudah ditunjuk BPOM sampai sekarang adalah vaksin sinovac," ujar Budi.

Vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito
Jokowi Tawarkan CEO Microsoft Bangun Pusat Riset Teknologi di IKN

Budi menyampaikan, terakhir stok vaksin yang dimiliki Indonesia sampai saat ini ada sebanyak 348 juta dosis. Sedangkan dosis vaksin yang telah disuntikkan berjumlah 250 dosis.

"Stok vaksinnya tinggi sekali hampir 100 juta dosis, biasanya stok vaksin kita hanya 50 juta dosis, dan vaksin ini stoknya karena ini merupakan sebagian besar dikirim dari luar negeri. Terima kasih pada Ibu Menlu, vaksinnya adalah Astrazenecca, Moderna dan Pfizer," ujarnya.

Budi juga tak bosan-bosan mengajak masyarakat agar ikut serta dalam program vaksinasi ini. Dia meminta masyarakat agar tak takut divaksin karena semua jenis vaksin yang digunakan pemerintah dapat dipastikan aman.

"Jadi kami minta tolong temen media menyampaikan agar jangan takut untuk divaksinasi Astrazenecca, Moderna maupun Pfizer karena semua vaksin aman dan efikasinya yang ada sekarang baik-baik," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya