Fakta Sidang Munarman, Saksi Beberkan Baiat ISIS di UIN Ciputat

Munarman ditangkap Densus 88
Munarman ditangkap Densus 88
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Sidang kasus terorisme dengan terdakwa Munarman kembali digelar di Pengadian Negeri Jakarta Timur Senin 17 Januari 2022. Dalam proses sidang, jaksa penuntut umum (JPU) menghadirkan saksi dengan agenda pemeriksaan saksi berinisial S.

Saksi S kemudian memberikan kesaksian di depan majelis hakim soal acara baiat berkedok seminar kepada ISIS pada 6 Juli 2014 di Gedung UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan yang juga di hadiri oleh Munarman. 

Saksi S katakan bahwa dalam acara baiat tersebut foto Presiden dan Wakil Presiden ditutupi dengan sebuah bendera.

"Menurut saya yang aneh untuk gambar Presiden dan foto Wakil Presiden ditutup simbol bendera," kata S dengan pengeras suara saat memberikan kesaksiannya di dalam sidang pada Senin 17 Januari 2022.

Masih dalam kesaksiannya, saksi S menyebut bahwa acara yang digelar sekitar pukul 22.00 WiB itu juga menurunkan simbol burung Garuda yang terpasang di ruangan tersebut.

"Terus lambang burung Garuda diturunkan,” ujarnya.

S juga memberikan kesaksian terkait masyarakat yang datang dalam acara baiat tersebut kebanyakan memakai cadar untuk perempuan dan para lelaki memakai celana cingkrang atau potongan celana di atas mata kaki. Kata S acara yang digelar tersebut memang terlihat bukan seperti seminar sebagaimana pada umumnya.