Gibran Beda dengan Luhut soal Warga Sudah Divaksin Booster Boleh Jalan

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tak mau kalah dengan Menteri Koordinator Kemaritiam dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan tentang pelonggaran aktivitas masyarakat yang sudah disuntik vaksin dua kali ditambah vaksin dosis penguat (booster).

Penting! Orang Usia 44 Tahun Harus Segera Dapatkan Vaksin Ini, Kata PAPDI

Jika Luhut mempersilakan warga yang memenuhi ketentuan itu untuk jalan-jalan, Gibran berbeda pendapat. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu lebih menekankan dengan adanya suntikan booster akan menggeliatkan kembali kegiatan sekolah, perkuliahan hingga aktivitas ekonomi masyarakat.

“Kalau saya bukan [hanya membolehkan] jalan-jalan, tapi bisa sekolah, bisa kuliah, bisa ke pasar, dan bisa melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi,” kata Gibran di Solo, Selasa, 15 Februari 2022, ketika disinggung mengenai pernyataan Luhut yang mempersilakan warga yang sudah divaksin booster untuk jalan-jalan atau bepergian.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Meski demikian untuk mempercepat vaksinasi booster di Solo bagi masyarakat umum juga masih menemui kendala dan hambatan. Gibran mengakui hambatan yang sangat mengganjal untuk vaksinasi booster adalah ketersediaan yang terbatas. Dengan stok sangat terbatas, pemerintah tidak bisa mengebut seperti halnya vaksinasi saat dosis pertama maupun kedua.

“Suplai vaksinnya masih sedikit. Minggu ini (vaksinasi booster) dipercepat, santai wae. Minggu ini banyak, tenang wae, ditunggu wae,” ujarnya sambil menyakinkan bahwa stok vaksin booster pada pekan ini diperkirakan akan mulai melimpah di Kota Solo.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan.

Photo :
  • M Yudha P/VIVA.co.id

Dengan adanya suntikan vaksin booster bagi masasyarakat umum, ia meminta mereka untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat agar penularan COVID-19 bisa dicegah.

Luhut Binsar Panjaitan menekankan pentingnya masyarakat Indonesia untuk mengikuti program vaksinasi sebagai langkah mengatasi pandemi COVID-19. Menurutnya, warga yang telah divaksin lengkap dapat lebih aman beraktivitas.

Bahkan, ia mempersilakan warga yang telah disuntik vaksin dosis lengkap ditambah dengan vaksin booster maka sudah bisa berjalan-jalan dan tetap menerarpkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Kalau dia memang sudah dua kali divaksin, dan sudah booster, kalau tak ada komorbid, ya, jalan-jalan saja. Enggak perlu ada yang dikhawatirkan berlebihan,” kata Luhut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya