17,5 Persen Aspal Sirkuit Mandalika Akan Dikelupas, Diaspal Ulang

Sirkuit Mandalika
Sumber :
  • twitter.com/MotoGP

VIVA – PT PP Persero Tbk (PTPP) selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pelaksana proyek Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika menyatakan siap melakukan perbaikan aspal sirkuit merespon keluhan sejumlah pembalap MotoGP usai menggelar tes pramusim di Mandalika. 

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Para pembalap umumnya mengeluhkan permukaan lintasan balap yang berdebu hingga batu kerikil berhamburan dan terpental mengenai tubuh. Kondisi ini dikeluhkan karena membahayakan pembalap.

Dalam waktu dekat ini, PTPP selaku kontraktor akan melaksanakan pengaspalan ulang lintasan sirkuit atas rekomendasi federasi balap motor internasional FIM dan Dorna Sport. 

MS Glow For Men Racing Team Tampil Memukau di Mandalika Racing Series 2024

"Yang kita lakukan tidak tanggung-tanggung, kita kupas aspal teratas 4 cm dan langsung kita bersihkan, dan kita aspal ulang di beberapa tempat, tidak semua tempat, sesuai persetujuan FIM," kata Dirut PTPP Persero, Novel Arsyad dalam konferensi pers daring di Jakarta, Rabu, 16 Februari 2022. 

"Meski hanya di beberapa titik tapi demi safety bukan untuk satu kali event, untuk setiap tahun, karena akan ada MotoGP tahun depan, ada Superbike, kami tidak ingin nanggung ingin buat kualitas terbaik dengan waktu secepat mungkin," sambungnya
 
Menurut Novel, tidak semua lintasan akan diaspal ulang, hanya sebagian saja yang dilakukan perbaikan merujuk pada rekomendasi FIM. Pihaknya tidak sekedar mengaspal ulang bagian yang bermasalah tapi mengganti aspal lama dengan yang baru.

Jalan Rusak di Jawa Tengah Bertahun-tahun Enggak Beres, Jokowi Instruksikan Ganti Aspal ke Beton

"Hanya 15-17 persen dari lintasan, jadi tidak semua lintasan (yang diperbaiki). Mulai dari tikungan 16,5 sampai dengan tikungan 5,5, jadi kurang lebih 17,5 persen dari keseluruhan lintasan yang ada," ujar Novel

Novel menambahkan pekerjaan aspal ulang sirkuit Mandalika ini akan dikerjakan oleh tim profesional bekerjasama dengan konsultan terbaik sebagaimana rekomendasi FIM dan Dorna Sport, agar dapat menyelesaikan perbaikan tepat waktu.

Disamping itu, material yang digunakan – termasuk grave atau batu kerikil yang digunakan untuk pengaspalan berasal dari Palu, Sulawesi Tengah. Menurut Novel, batu kerikil dari Palu ini adalah yang terbaik, sudah sesuai spesifikasi dan dilakukan pengecekan-pengetesan FIM maupun Dorna.  

"Kita sudah siapkan materialnya, sudah approve by FIM, kami tidak akan merubah spesifikasi sehingga ini cukup memberikan masukan ke media, semua on speck, kelas kita sebagai kontraktor yang besar ingin memberikan yang terbaik," ujarnya
 
Sebelumnya, Dorna Sports menyebut sebagian lintasan Sirkuit Mandalika akan diaspal ulang menyusul evaluasi dari federasi balap sepeda motor internasional FIM pasca tes ofisial MotoGP di trek Lombok tersebut akhir pekan lalu. 

Tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika membawa MotoGP kembali ke Indonesia untuk pertama kalinya setelah absen 25 tahun. 

Tes selama tiga hari itu menjadi bagian penting bagi tim dan pebalap dalam mengembangkan tunggangan mereka dan memperoleh pengalaman di sirkuit baru itu sebelum menjalani Grand Prix Indonesia pada Maret nanti. 

Para pebalap dan tim menyukai layout dan desain sirkuit sepanjang 4,3km tersebut, serta standard keamanan, termasuk area runoff, gravel yang sangat lebar. Akan tetapi, mereka juga mengeluhkan kondisi trek yang kotor, berdebu dan bahkan banyaknya batu-batu kecil di lintasan. 

"FIM, yang mengawasi homologasi trek, telah berkomunikasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) soal perbaikan yang diperlukan, yang akan dilaksanakan hingga minimal tujuh hari sebelum Pertamina Grand Prix of Indonesia," demikian pernyataan resmi Dorna, Selasa 15 Februari 2022. 

ITDC selaku pengembang dan pemilik sirkuit telah sepakat dengan penilaian dan permintaan dari FIM. "Seluruh pihak telah bereaksi dengan cepat dan pengerjaan menuju pembenahan tersebut telah mulai dilaksanakan, termasuk pelapisan ulang sebagian dari trek.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya