Banyak Ular di Rumkitlap COVID-19 Solo, Gibran Turun Tangan

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming dan Gubernur Jateng Ganjar di Rumkitlap Solo
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ingin segera mengoperasikan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) Benteng Vasternburg untuk mengantisipasi lonjakan pasien COVID-19 di Solo. Hanya memang keinginan itu sedikit terhambat lantaran di lokasi yang bakal dijadikan sebagai tempat isolasi terpusat (isoter) itu banyak ditemukan ular.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Seperti diketahui kapasitas tempat isoter di Ndalem Priyosuhartan yang terletak di Jalan Kebangkitan Nasional, Sondakan, Solo itu hampir penuh untuk menampung para pasien yang terpapat COVID-19. Selanjutnya tempat isoter lainnya yang telah disiapkan untuk menampung lonjakan pasien COVID-19 adalah di Rumkitlap Benteng Vasternburg Solo.

Persiapan kemudian dilakukukan di antaranya sterililasi dan pembersihan ular di lokasi rumkitlap. Pasalnya rumah sakit itu menempati lahan di dalam Benteng Vasternburg Solo yang terbuka. Tak hanya itu rumah sakit tersebut juga sejak bulan November 2021 lalu telah sempat disetop operasionalnya seiring dengan menurunnya kasus COVID-19 di Kota Solo.

Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

Gibran menyebut saat ini jumlah pasien di tempat isoter Ndalem Priyosuhartan sesudah mencapai 36 orang. Padahal kapasitas di eks rumah mantan Kakorlantas Polri Djoko Susilo itu hanya sebanyak 40 tempat tidur. Dengan kondisi seperti itu maka untuk mengantisipasi lonjakan pasien COVID-19 harus disiapkan tempat isoter tambahan di Rumkitlap Vasternburg sayangnya masih terhambat keberadaan ular di lokasi tersebut.

“Nunggu ulone entek sik (menunggu pembersihan ular dulu),” kata dia di Balai Kota Solo, Jawa Tengah pada Rabu, 16 Februari 2022.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Menurut dia, pembersihan ular dari lokasi tersebut telah dilakukan oleh sejumlah relawan dari komunitas pecinta reptil yakni Exalos Indonesia. Dari hasil penyisiran itu telah ditemukan ular di sekitar tenda rumkitlap sebanyak delapan ekor. Meski demikian ia berharap tempat isoter yang dikelola Korem 074 Warastratama Surakarta itu bisa segera dioperasikan untuk menampung para pasien COVID-19 mengingat kapasitas di tempat isoter sebelumnya hampir penuh.

“Udah-udah (siap). Harusnya (ular) sudah hilang semua. Nanti harapannya segera bisa dipakai. Rasah wedi karo ulo sing nang kono gowo bedil kabeh,” kata dia.

Prabowo-Gibran Hadiri Acara Halalbihalal PBNU

Prabowo-Gibran Hadiri Halalbihalal PBNU, Disambut Menag dan Gus Yahya

Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menghadiri halalbihalal yang digelar PBNU.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024