Seorang Polisi Terluka usai Diserang di Waena Papua

Mobil operasional Polresta Jayapura Kota rusak setelah menjadi sasaran tindakan anarkistis pendemo, Selasa, 8 Maret 2022, dan menyebabkan pengemudinya Brigadir Polisi Roygen Sarwa terluka.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Seorang anggota Polri Brigadir Polisi Roygen Sarwa terluka akibat diserang pendemo saat melintas dengan mengendarai mobil operasional Polresta Jayapura Kota di kawasan Waena, Distrik Heram, Papua, Selasa, 8 Maret 2022.

Pendemo Tak Bisa Orasi di Depan Gedung MK saat Sidang Gugatan Pilpres, Polisi Siapkan Tempat

Kepala Polresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav Urbinas membenarkan kabar seorang anggotanya terluka setelah dikeroyok beberapa pendemo dan korban sudah dibawa ke RS Bhayangkara setempat.

Selain dikeroyok, mobil operasional Polresta Jayapura Kota juga dilempari hingga rusak di bagian depan dan di dalam mobil banyak terdapat batu.

Massa Pendemo Depan KPU Mulai Bakar Ban

Padahal mobil itu hanya membawa nasi bungkus yang nantinya akan diberikan kepada anggota Polri yang siaga di sekitar Distrik Abepura dan Distrik Heram.

Urbinas mengaku memang tidak mengizinkan pendemo yang mengatasnamakan mahasiswa untuk berunjuk rasa karena dikhawatirkan terjadi aksi anarkis sehingga berupaya membubarkan sebelum makin banyak yang berkumpul.

Nasib Belasan Pendemo yang Berujung Ricuh di DPR dan KPU yang Diamankan Polisi

Ilustrasi/Aksi demonstrasi.

Photo :
  • U-Report

Ada beberapa titik namun yang terlama dibubarkan berada di kawasan Perumnas III, kata Urbinas seraya mengaku anggota sempat mengeluarkan tembakan gas air mata dan semprotan air saat berupaya membubarkan para pendemo.

"Memang saat berupaya membubarkan pendemo, anggota sempat mengeluarkan tembakan gas air mata dan semprotan air dari water cannon," ujar Urbinas.

Ketika ditanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, Urbinas menyatakan secara keseluruhan aman dan kondusif karena aktivitas masyarakat secara keseluruhan berlangsung normal kecuali di beberapa tempat yang menjadi lokasi berkumpulnya pendemo.

Kini seluruh titik yang menjadi tempat berkumpulnya pendemo sudah dibubarkan dan personel yang dilibatkan dalam pengamanan sekitar 800 anggota TNI-Polri, kata Urbinas. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya