8 Jenazah Pekerja PTT Diserahkan ke Keluarga, Dijuluki Pahlawan Papua

Jenazah pekerja PTT korban pembantaian KKB Papua diterbangkan ke daerah asal
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA – Delapan jenazah pekerja tower Palaparing Timur Telematika (PTT) yang menjadi korban pembantaian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Jenggeran, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua pada 2 Maret 2022, diterbangkan ke daerah masing-masing, Selasa, 8 Maret 2022.

Ajudan Pimpinan KKB Undius Kogoya Ditembak Mati, Senjata Rakitannya Ditemukan

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengungkapkan 8 jenazah korban itu dipulangkan ke daerah asal setelah selesai proses identifikasi oleh pihak RSUD Mimika selesai dilakukan.

"Delapan jenazah pekerja tower Palaparing Timur Telematika yang menjadi korban pembantaian oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Jenggeran, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak pada 2 Maret 2022, di terbangkan ke daerah masing-masing, hari ini," kata Kombes Gatot kepada awak media, Jakarta, Selasa, 8 Maret 2022.

5 Jenderal Bintang 2 Polri Lulusan Akpol 1994, No 3 Pernah Sikat KKB di Papua

Sebelum dikembalikan ke keluarganya, Gatot menyatakan, pihak kepolisian juga menyelenggarakan prosesi penghormatan bagi delapan korban tersebut. 

"Kami juga telah melakukan prosesi penghormatan kepada delapan jenazah karyawan PTT sebagai bentuk penghargaan tanda jasa kepada para pahlawan pembangunan di tanah Papua," ujar Gatot.

Serangan Brutal KKB di Paniai, Bakar Kios hingga Gedung Sekolah

Adapun kedelapan jenazah korban, yakni jenazah almarhum Renal Tentua Tagasye akan diberangkatkan ke Ambon Maluku, jenazah Bili Galdi Balion akan diberangkatkan menuju Bandung, jenazah Ibo diberangkatkan ke Subang, jenazah Jamaluddin diberangkatkan ke Rangkas Bitung.

Kemudian, jenazah Sharil Nurdiansyah, jenazah Eko Septiansyah akan diberangkatkan ke Jakarta Pusat. Jenazah almarhum Bona Simanulang akan diberangkatkan menuju Palu, Sulawesi Tengah, dan jenazah Bebei Tabuni diberangkatkan menuju Ilaga, Kabupaten Puncak.
 
Sebelumnya diberitakan, 8 karyawan PTT (Palapa Timur Telematika) tewas dibunuh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat melakukan perbaikan Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak. 

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kama mengatakan, penyerangan tersebut diketahui ketika salah satu karyawan PTT menghubungi aparat via telpon pada Kamis 3 Maret 2022. 
"Penyerangan yang dilakukan oleh KKB terhadap karyawan Palaparing Timur Telematika (PTT) terjadi pada Rabu 2 Maret 2022 di Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel "CO 53M 756085 9585257" di Wilayah Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, namun baru diketahui hari ini," kata Kabid Humas, Kamis 4 Maret 2022. 

Kabid Humas menjelaskan, dari keterangan saksi NS bahwa saat penyerangan oleh KKB, dirinya tidak berada di Camp. Saat kembali dia melihat rekan-rekannya sudah meninggal dunia. 

"Melihat rekan-rekannya sudah tidak bernyawa, sekira pukul 13.00 WIT saksi meminta bantuan penyelamatan melalui CCTV Tower BTS 3. Kemudian pukul 16.00 WIT baru termonitor di CCTV Pusat PTT di Jakarta," kata Kabid Humas. 

Dari penyerangan tersebut delapan orang dilaporkan meninggal dunia dan satu orang selamat. "Korban yang meninggal dunia yakni berinisial B, R, BN, BT, J, E, S dan PD. Sedangkan satu korban selamat berinisial NS," ujar Kabid Humas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya