Ajudan Pimpinan KKB Undius Kogoya Ditembak Mati, Senjata Rakitannya Ditemukan

Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombespol. Dr. Faizal Ramadhani
Sumber :
  • Aman Hasibuan (Papua)

Paniai - Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz-2024 menemukan senjata api laras pendek Jenis Pistol P1 (rakitan), pasca menembak mati Basoka Lawiya alias masyarakat Kogoya yang merupakan ajudan pimpinan KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) Intan Jaya Undius Kogoya.

KKB Tembak Mati Prajurit Koramil di Papua Tengah

Kejadiannya di Paniai setelah insiden penyerangan, penembakan, hingga pembakaran gedung sekolah dan kios warga. Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Komisaris Besar Polisi Faizal Ramadhani membenarkan adanya penemuan senjata api laras pendek Jenis Pistol P1 (rakitan) tersebut.

Ilustrasi pembakaran di Paniai, Papua, oleh KKB

Photo :
  • ANTARA
Nyali Besar Jenderal Bintang Tiga Berdarah Kopassus TNI AD Tembus Daerah Rawan Homeyo Papua

“Senjata api tersebut kami temukan di rumah korban kebakaran yakni saudara Fahri dan diduga senjata api tersebut yang dipakai oleh pelaku saat melakukan penembakan terhadap saudara saudara Arwin saat hendak berpura-pura membeli rokok namun pelurunya mengenai helm yang digantung pada dinding rumah," kata dia, Jumat, 24 Mei 2024.

Dia mengatakan, senpi laras pendek jenis pistol P1 (rakitan) tersebut merupakan milik pimpinan KKB Intan Jaya, Undius Kogoya. Namun, saat peristiwa di Paniai pada 22 Mei 2024, pistol tersebut digunakan oleh Basoka Lawiya alias masyarakat Kogoya yang merupakan ajudan Undius Kogoya.

Empat Provinsi Siaga Potensi Banjir hingga 20 Juni 2024, Menurut BMKG

Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat OPS Damai Cartenz-2024, Ajun Komisaris Besar Polisi Bayu Suseno menambahkan, Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 akan terus melakukan penindakan terhadap Kelompok KKB yang mengganggu stabilitas keamanan di Papua dan melindungi masyarakat dari ancaman dan gangguan yang ditimbulkan oleh kelompok KKB ini.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024. AKBP Bayu Suseno

Photo :
  • Dok Polri

Sebelumnya diberitakan, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah dengan melakukan penyerangan ke salah satu kios di Kampung Madi Distrik Paniai Timur Kabupaten Paniai.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan kejadian berawal pada Selasa, 21 Mei 2024, sekitar pukul 21.35 WIT, dua orang yang diduga dari KKB dengan menggunakan motor singgah ke kios milik Arwin (34) untuk membeli rokok.

“Setelah menerima rokok tersebut, salah satu KKB tersebut mengeluarkan senjata api dan langsung melakukan penembakan. Beruntung tembakan tersebut tidak mengenai Arwin hanya mengenai helm yang digantung di dalam rumah,” ucap Kabid Humas, Rabu 22 Mei 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya