Pejabat Negara-PNS Dilarang Gelar Buka Puasa Bersama dan Open House

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya/Tangkapan layar

VIVA - Presiden Joko Widodo telah membuat sejumlah pelonggaran karena saat ini penanganan pandemi COVID-19 dianggap telah membaik.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Ilustrasi menu untuk buka puasa bersama umat muslim.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Tarawih dan Mudik Diperbolehkan

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa

Berbagai pelonggaran tersebut yakni tidak diberlakukan lagi karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), dibolehkannya mudik lebaran 2022, dan diperbolehkan solat tarawih berjamaah di masjid. Namun ada satu hal yang masih dilarang oleh Jokowi selama Ramadhan dan Idul Fitri 2022.

"Untuk pejabat dan pegawai pemerintah kita masih melarang untuk melakukan buka puasa bersama dan juga open house," kata Jokowi, Rabu 23 Maret 2022.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Baca juga: Jokowi Izinkan Masyarakat Mudik Idul Fitri, Tapi Ada Syaratnya

Protokol Kesehatan

Untuk tarawih berjamaah, Jokowi telah mengizinkannya. Namun, pelaksanaan tarawih berjamaah itu harus tetap mengikuti anjuran protokol kesehatan.

"Tahun ini umat muslim dapat kembali menjalankan ibadah salat tarawih berjamaah di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujarnya

Mudik Ada Syaratnya

Untuk mudik lebaran, Jokowi juga memberikan syarat. Yakni pemudik harus telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap yakni vaksinasi dosis satu, dosis dua dan vaksin booster.

"Mudik lebaran juga diperbolehkan dengan syarat sudah mendapatkan 2 kali vaksin dan 1 kali booster. serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya