Ketua Komite Nasional Papua Barat Buchtar Tabuni Ditangkap

Kepala Polda Papua Irjan Pol Mathius Fakhiri
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB), organisasi yang berupaya memisahkan Papua dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Buchtar Tabuni, dilaporkan ditangkap di kawasan Kamp Walker, Jayapura, Papua, Kamis, 24 Maret 2022.

PSI Sebut "Kaesang Effect" Tingkatkan Perolehan Suara Pemilu di Daerah

Kepala Polda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, dilansir dari ANTARA, membenarkan adanya penangkapan itu, namun belum ada laporan lengkap.

Buchtar Tabuni pernah ditangkap polisi pada 11 September 2019, kemudian ditetapkan sebagai tersangka terkait aksi unjuk rasa yang berakhir ricuh di Papua.

Kaesang Effect Sumbang Tujuh Kursi DPRD di Papua Barat untuk PSI

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri waktu itu, Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo, menolak membeberkan lebih detail perihal peran Buchtar atau keterkaitannya dengan Benny Wenda, salah satu tokoh Papua yang dituding sebagai penyebab kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

Dalam kasus ini, Buchtar dijerat dengan pasal tentang perbuatan makar. Namun, Dedi mengatakan, polisi tak menutup kemungkinan akan mengenakan pasal lainnya.

ESDM Tetapkan Petronas Pemenang Lelang Blok Migas di Papua Barat, Ada Potensi 6,8 Miliar Barel

Sebelum itu, polisi meringkus dua orang yang diduga sebagai aktor intelektual kerusuhan yakni FBK dan AG. Kedua orang yang merupakan mantan petinggi BEM Universitas Cendrawasih itu diduga menggerakkan mahasiswa junior dan masyarakat. (ant)

sepeda motor ilegal

TNI AL Gagalkan Penyeludupan Kendaraan Bermotor di Pelabuhan Fakfak

Pada tanggal 14 Maret 2024, TNI Angkatan Laut (TNI AL) melalui pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Fakfak berhasil menggagalkan upaya penyeludupan motot illegal.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024