Daftar Caketum KNPI, Ryano Panjaitan: Bismillah, Siap Kompetisi

Ryano Panjaitan mendaftar jadi calon Ketua Umum DPP KNPI
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) akan segera menggelar kongres ke XIV. Kongres ini diharapkan jadi penyatuan dan mengakiri polemik di tubuh KNPI yang bertahun-tahun terbelah.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Jelang kongres, pendaftaran calon Ketua Umum DPP KNPI dibuka sejak Senin, 4 April 2022. Salah satu yang sudah hadir mendaftar adalah Presiden Perserikatan Organisasi Kepemudaan Nasional (Poknas) Muhammad Ryano Satrya Panjaitan. 

Ryano mengatakan dirinya siap berkompetisi dan mengikuti aturan dalam Kongres KNPI. 

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

"Bismillah, saya siap untuk berkompetisi secara sehat, fair dan demokratis sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan secara organisasi oleh DPP KNPI," kata Ryano, dalam keterangannya dikutip pada Selasa, 5 April 2022.

Ryano Panjaitan mendaftar jadi calon Ketua Umum DPP KNPI

Photo :
  • Istimewa
Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

Dia pun berharap kongres ini sebagai penyatuan KNPI dan jadi solusi dari polemik di tubuh organisasi tersebut. Ryano menyampaikan agar organisasi kepemudaan di tingkat nasional bisa bersatu menyukseskan kongres penyatuan tersebut. 

"Kita tentu berharap, kongres ini adalah kongres penyatuan dan mengakhiri polemik selama ini. Kita harus menjadi pemuda yang kuat. Dan, untuk mewujudkan itu kita harus bersatu," tuturnya. 

Ryano menekankan komitmennya untuk bisa menyatukan KNPI. Dia menggagas dan mengusung visi activistpreneur. Visi ini mendorong aktivis muda memiliki kemandirian ekonomi dan tak sekedar mengejar politik kekuasaan yang berujung pragmatisme (politik transaksional). 

Dia ingin mendorong spirit pergerakan pemuda sebagai agen transformasi perubahan di era 4.0. Dengan gagasan itu, ia ingin jadi diskursus publik yakni mendorong transformasi politik kekuasaan menuju politik kesejahteraan. 

Adapun Kongres XVI KNPI rencananya digelar pada 8-10 April 2022 di Hotel Sultan, Jakarta. Kongres nanti akan dihadiri oleh seluruh organisasi kepemudaan atau OKP yang berhimpun di KNPI dan seluruh DPD KNPI se-Indonesia. Kongres juga diproyeksikan dibuka Menpora Zainudin Amali dan dihadiri pejabat pemerintah lainnya.

Sebelumnya, jelang kongres, KNPI menggelar Silaturahmi Nasional atau Silatnas di Hotel Sultan Jakarta pada Rabu, 23 Maret 2022. 34 DPD Provinsi hadir dalam silatnas. 

"Kita akan sama-sama menyamakan persepsi untuk bagaimana menyatukan KNPI yang hari ini terpecah. Intinya kita ingin semua menjadi satu dan solid,” kata Ketua OKK DPP KNPI Zieko CH Odang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya