TKA China Pakai Loreng, Imigrasi: Bukan Tentara, Pakaian Buruh Kasar

Ilustrasi Pekerja China.
Sumber :
  • www.technologyreview.com

VIVA – Beredar video viral yang menunjukkan beberapa orang tenaga kerja asing (TKA) asal China menggunakan pakaian loreng di proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Nagan Raya, Aceh viral di media sosial.

Kisah Jenderal Soemitro, dari Ramalan Boneka Jailangkung Jadi Tentara Kesayangan Soeharto

Terlihat dalam video tersebut, para TKA sedang asyik nongkrong di depan proyek PLTU dengan menggunakan pakaian loreng seperti yang biasa digunakan oleh militer.

Kepala Kantor Imigrasi Meulaboh, Aceh Barat, Azhar membenarkan adanya WNA China yang bekerja di PLTU itu yang menggunakan loreng. Hanya saja, kata dia, pakaian itu tidak ada kaitannya dengan militer.

Kylian Mbappe Umumkan Perpisahan dengan PSG, Menuju Real Madrid?

Azhar menyebut, pakaian loreng itu adalah pakaian yang diperuntukkan bagi buruh di PLTU. Termasuk yang ada dalam video singkat tersebut. 

“Iya benar (pakaian loreng). Itu bukan pakaian tentara, melainkan pakaian kerja untuk buruh kasar dan dipakai oleh pekerja di PLTU,” kata Azhar saat dikonfirmasi, Senin, 18 April 2022.

Rekan Kerja Ungkap Detik-detik Pekerja di Stasiun LRT Kuningan Jatuh saat Bekerja

Dari keterangan yang diperoleh pihaknya, TKA tersebut memiliki izin resmi untuk bekerja di PLTU tersebut. Mereka juga merupakan pekerja lama yang sudah bekerja di tempat itu.

“Izin TKA itu lengkap semua, karena tidak ada lagi yang pendatang baru, jadi orang lama semua itu,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya