Jemaah Syattariyah di Aceh Rayakan Idul Fitri 1443 H Hari Ini

Jemaah Tarekat Syattariyah di Aceh Lebaran hari ini.
Sumber :
  • Istimewa/Dani Randi (Banda Aceh)

VIVA – Ribuan jemaah Tarekat Syattariyah pengikut Habib Muda Seunagan di Kabupaten Nagan Raya, Aceh merayakan Idul Fitri 1443 Hijriyah hari ini, Sabtu, 30 April 2022.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Mereka menggelar salat Idul Fitri di Masjid Jamik Habib Muda Seunagan di Desa Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur.

Pelaksanaan salat idul fitri tersebut, langsung dipimpin oleh pemegang amanah keluarga besar Habib Muda Seunagan saat ini yaitu, Abu Said Kamaruddin.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Salat Id itu juga diikuti jemaah yang berasal dari Kabupaten Aceh Barat, Aceh Barat Daya dan Gayo Lues.

Teuku Raja Keumangan yang menjadi Khatib salat Idul Fitri jemaah Tarekat Syattariyah mengatakan, pihaknya merayakan Lebaran saat ini setelah sebulan penuh berpuasa.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

"Hal ini berdasarkan hitungan, maka pelaksanaan salat hari raya idul fitri ditetapkan hari ini, melalui musyawarah pimpinan dayah pengikut Abu Habib Muda Seunagan," kata Teuku Raja Keumangan saat dikonfirmasi.

Selain itu, ia juga menyampaikan kepada seluruh jemaah agar tetap patuh dan taat dengan amanah Habib Muda Seunagan, untuk tetap menghargai perbedaan yang ada di Indonesia, khususnya di Aceh.

"Meskipun kita telah berhari raya, tapi agar tidak makan minum ditempat umum, pasalnya umat muslim lainnya masih melaksanakan puasa 2 hari lagi," ujarnya.

Selain pelaksanaan salat id di Masjid Jamik Peuleukung,  pengikut Abu Habib Muda Seunagan, juga melaksanakan salat id di pesantren serta rumah ibadah di desa masing-masing.

Diketahui jemaah Tarekat Syattariyah di Aceh melakukan puasa lebih awal dari yang ditetapkan oleh Pemerintah. Mereka memulai puasa sejak Kamis, 30 Maret 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya