Sudah 12.987 Calon Haji Diberangkatkan dari Embarkasi Surabaya

Jemaah haji kelompok terbang (kloter) Surabaya.
Sumber :
  • VIVA/ Nur Faishal.

VIVA - Sebanyak 29 kelompok terbang (kloter) jemaah calon haji (CJH) dengan total calon haji 12.987 orang sudah diberangkatkan dari Embarkasi Surabaya, Jawa Timur, ke Arab Saudi, sejak hari pertama pemberangkatan dilaksanakan hingga Jumat, 24 Juni 2022. Kini tersisa sembilan kloter yang secara bertahap akan diterbangkan ke Arab Saudi.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Berdasarkan data dari PPIH Embarkasi Surabaya, Kloter 29 yang kemarin diberangkatkan merupakan gabungan CJH dari Bali dan Jawa Timur. Dari Bali, tercatat sebanyak 318 orang, berasal dari Badung, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, dan Denpasar. Sementara dari Jatim sebanyak 128 orang dari Kabupaten Mojokerto.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Bali, Komang Sri Marheni, turut hadir di Asrama Haji Surabaya saat pemberangkatan CJH asal Pulau Dewata pada Jumat sore kemarin. Dia bersyukur karena pemberangkatan berlangsung lancar.

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

“Tidak ada yang mengalami penundaan berangkat,” katanya.

Baca juga: Jemaah Haji Indonesia Nyaris Ditangkap Polisi Arab di Madinah

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

Sementara itu, rombongan CJH Kloter 30 dari Kabupaten Sidoarjo dan Bondowoso tiba dan masuk Asrama Haji Surabaya pada Sabtu, 25 Juni 2022, sekira pukul 07.00 WIB. Menjalani karantina selama satu malam, mereka dijadwalkan terbang ke Arab Saudi keesokan harinya, Minggu dini hari nanti, 26 Juni 2022. Dengan demikian tersisa 8 kloter yang masih proses pemberangkatan.

Di bagian lain, hingga saat ini ada satu calon haji yang terpaksa tunda berangkat karena mengalami gangguan kesehatan dan tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. pasien tersebut adalah CJH Kloter 28.

Sementara jumlah calon haji asal Jatim yang meninggal dunia di Tanah Suci bertambah satu orang, yakni Alfin Hartini Soegeb (59) dari Kloter 9 asal Kabupaten Tulungagung. Dia meninggal dunia pada Kamis, 23 Juni 2022. Dengan demikian, total CJH asal Jatim yang meninggal di Tanah Suci sementara ini sebanyak dua orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya