Waspada COVID-19, Jemaah Indonesia Dibagikan Masker di Masjidil Haram

Jemaah shalat fardhu di Masjidil Haram, Mekkah.
Jemaah shalat fardhu di Masjidil Haram, Mekkah.
Sumber :
  • ANTARA/Desi Purnamawati

VIVA – Tim kesehatan di sektor khusus (Seksus) Masjidil Haram membagikan masker kepada jamaah calon haji Indonesia yang tidak memakai masker sebagai upaya menjaga protokol kesehatan agar terhindar dari virus.

"Setiap jamaah yang kedapatan tidak menggunakan masker, langsung kita datangi dan diberikan masker," kata petugas kesehatan Seksus Haram dr Yasin Lukman Hakim di Mekah, Minggu 26 Juni 2022.

Ia mengatakan banyak ditemukan jamaah yang tidak menggunakan masker, terutama saat beribadah di Masjidil Haram. "Selama menyusuri terminal Syib Amir sampai ke pintu Marwah, kami dapati banyak calon haji yang tidak memakai masker," katanya.

Terminal syib Amir menjadi lokasi yang paling padat, karena enam dari sembilan rute bus shalawat berakhir di terminal Syib Amir, sehingga terminal ini menjadi yang paling sering dilewati Jamaah Haji Indonesia menuju Masjidil Haram.

Lalu lintas pergerakan Jamaah selalu ramai di Syib Amir, terutama di waktu-waktu menjelang shalat.

Sebelumnya, Kepala Seksi Kesehatan Daker Mekkah dr Muhammad Imran menyampaikan bahwa memakai masker merupakan ikhtiar bersama antara petugas dan jamaah haji dalam saling menjaga dari tertular virus, termasuk COVID-19 maupun MERS-CoV.

"Menjaga agar jangan sampai jemaah kita mengalami infeksi, sehingga harus isolasi misalnya. Ini juga bisa menghambat aktivitas lainnya," kata Imran.