Penyebab Kapal Wisata Tenggelam di Taman Nasional Komodo

Tim SAR Gabungan mengevakuasi korban tenggelamnya kapal wisata
Sumber :
  • ANTARA/Fransiska Mariana Nuka

VIVA – Penyebab Kapal Wisata KLM Tiana Liveaborad tenggelam di perairan Taman Nasional Komodo Kabupaten Manggarai Barat, karena cuaca buruk serta gelombang tinggi.

Polri Jamin Keamanan dan Kelancaran Lalu Lintas di Tempat Wisata saat Libur Panjang

"Diterpa cuaca buruk beserta gelombang tinggi sehingga KLM Tiana Liveaborad tenggelam," ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Lalu Wahyu Efendi kepada wartawan, Selasa 28 Juni 2022.

Kebetulan saat itu Kapal Wisata KLM Andalucia melintas di sekitar KLM Tiana Liveaborad tenggelam. Pertolongan pun dilakukan kepada penumpang dan Anak Buah Kapal. Dua orang tewas dalam kejadian ini. Mereka adalah  J.Widaningsi dan Anisa Firtiani.

Garuda Indonesia Tebar Diskon Tiket hingga Siapkan Extra Flight Libur Panjang Isa Almasih

“Kru ABK KLM Andalucia telah sigap dan cepat melakukan pertolongan kepada korban tenggelamnya KLM Tiana Liveaborad serta pelaksanaan operasi SAR berjalan dengan aman dan lancar berkat koordinasi dan sinergi yang solid antar tim SAR gabungan," kata dia lagi.

Ia mengatakan ada 24 orang dalam kecelakaan Kapal Wisata KLM Tiana Liveaborad dimana terdiri dari penumpang 18 orang, dan Anak Buah Kapal enam orang.

Rudal Houthi Berterbangan di Laut Merah, Kapal Induk AS Pasang Badan

"Tim SAR gabungan berhasil menemukan salah satu korban atas nama J.Widaningsi, seorang perempuan dalam kondisi meninggal dunia dan langsung dievakuasi menuju RSUD Komodo. Pada Pukul 10.10 WITA, korban terakhir ditemukan oleh tim SAR gabungan setelah melaksanakan proses penyelaman dari Basarnas Maumere (Pos SAR Manggarai Barat) dan Polair disekitar lokasi kejadian. Korban atas nama Anisa Firtiani dan langsung dievakuasi menuju RSUD Komodo," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, satu unit kapal wisata tenggelam di perairan Taman Nasional Komodo Kabupaten Manggarai Barat, Selasa 28 Juni 2022. Akibatnya seorang wisatawan ditemukan meninggal dan satu lainnya masih dalam pencarian. 

"Korban sudah dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit. Kita sedang melakukan pencarian terhadap wisatawan yang hilang," kata Edi, Kepala Pos Sar Basarnas Labuan Bajo.

Baca juga: Kronologi Tenggelamnya Kapal Wisata di Taman Nasional Komodo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya