Fenomena Langka Muncul Salju di Dieng, Berlangsung Selama 1 Dasarian

Dieng
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram @ora_alone

VIVA – Keindahan alam dataran tinggi Dieng, memang mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri. Apalagi saat ini, Dieng kembali diselimuti dengan salju embun es yang turut ketika suhu di dataran tinggi Banjarnegara ini mencapai minus 1,68 derajat celcius. Kemunculannya kali ini menandakan proses menuju ke puncak musim kemarau di wilayah Jawa Tengah. 

Terpopuler: Potret Paula Verhoeven Berhijab Anggun, hingga Serunya Main Salju di Jungleland

Suhu minus di dataran tinggi Dieng ini tentu saja akan menambah daya tarik untuk wisatawan. Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan embun ini akan berlangsung selama satu dasarian. 

"Terkait fenomena embun es, masih berkaitan dengan adanya dua pusat tekanan rendah (LPA) di belahan bumi utara (BBU), yaitu pusat tekanan rendah 04W berada di Laut China Selatan sebelah barat Filipina dan pusat tekanan rendah 98W di timur laut Filipina," ucap Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie disadur dari ANTARA. 

Serunya Main Salju di Jungleland Adventure Bogor, Cuma Rp80 Ribu

Dia menyebut bahwa kondisi ini ditambah dengan kuatnya Monsoon Australia (angin timur) yang membawa udara kering yang berpengaruh kepada pengurangan curah hujan di Pulau Jawa, terlebih Jawa Tengah sehingga dalam beberapa hari kondisi cuaca di Jateng lebih cerah sampai berawan. 

Namun, kondisi ini bisa bertahan sampai satu dasarian di bulan Juli 2022 (1-10 Juli) dan setelah itu akan kembali basah (musim kemarau) karena pengaruh suhu muka air laut sekitar Jawa yang hangat dan anomali iklim La Nina dengan intensitas lemah dengan probabilitas sekitar 66 persen sampai periode Juli-Agustus 2022. 

Misteri Hilangnya Dusun Legetang di Kawasan Dieng, Ratusan Jiwa Terkubur Hidup-hidup

"Jadi, fenomena tersebut masih dimungkinkan terjadi pada periode dasarian pertama bulan Juli 2022," tutur Setyoajie. 

Disinggung tentang suhu udara di Dieng ketika embun upas muncul pada Kamis dini hari, Setyoajie Prayoedhie mengatakan, menurut pengamatan pihaknya, suhu di atas pegunungan Dieng berkisar minus 1 derajat Celcius di pukul 04.00 WIB sampai 05.00 WIB.

Viral di Twitter

Dieng

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram @ora_alone

Hal tersebut tentu membuat banyak wisatawan justru keluar pagi hari untuk melihat hamparan salju. Dengan fenomena langka tersebut, tentu saja banyak masyarakat yang mengabadikan dan membagikan gambar itu di media sosial. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo  @ganjarpranowo membagikan foto salju di Dieng. 

“Kamu dapet salam dr negeri di atas awan, Dieng. Berani ke sini? Ig: @ora_alone,” tulis Ganjar. 

Melihat fenomena langka yang hanya bisa terjadi selama setahun sekali itu, warganet pun ramai-ramai meninggalkan jejak komentar di unggahan Ganjar. 

“Sdh merapat kesana Bpk guburnur, Adeem sangeet Pak,” tulis warganet. 

“MasyaAlloh.. ga bs bayangkan  ademnya macam mana itu... Sy kena AC lama² aja perut kram, kena suhu adem malang perut kram. Macam mana kl sy d Dieng,” tulis yang lain. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya