Besok, Wapres Maruf Amin Berangkat ke Tanah Suci Tunaikan Ibadah Haji

Wapres Ma'ruf Amin di kediamannya
Sumber :
  • Setwapres RI

VIVA Nasional – Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin akan berangkat ke Tanah Suci Mekah, Arab Saudi, untuk menunaikan ibadah haji pada Selasa, 5 Juli 2022. Hal tersebut dibenarkan Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi di Jakarta, Senin.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

"Benar, Wapres akan melaksanakan ibadah haji," kata Masduki.

Masduki mengatakan Wapres akan berangkat pada esok hari, dan akan berada di Tanah Suci hingga tanggal 13 Juli 2022. Selama di Mekah, Wapres Maruf Amin akan fokus beribadah haji.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

"Wapres akan fokus ibadah haji. Kalau ada kegiatan lain sifatnya suplementer (tambahan) saja," ujar Masduki.

Masduki menyampaikan dalam kegiatan menunaikan ibadah haji, Wapres akan didampingi istri Wury Ma’ruf Amin serta para pejabat yang melekat pada Wapres.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Selain Wapres Ma'ruf Amin, pejabat negara yang akan menunaikan ibadah haji adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.  

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjadi Amirul Hajj untuk rombongan jamaah haji asal Jabar. Ridwan Kamil rencananya akan berangkat ke Saudi pada awal Juli. Ia akan memimpin 17.000 jamaah haji Jabar.

Keberadaan Amirul Hajj sendiri merupakan ketentuan yang diberlakukan Pemerintah Saudi kepada setiap negara yang mengirimkan jamaah haji.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengungkapkan, menjadi Amirul Hajj merupakan rutinitas kedinasan yang harus dijalani. Namun, untuk tahun ini biaya keberangkatannya ia berikan kepada pendamping haji yang belum pernah berangkat haji.

"Tadinya saya Amirul Hajj lewat dinas tapi saya ikhlaskan, saya kasih ke pendamping haji yang belum pernah berangkat haji," katanya.

Kang Emil akan tetap menjadi Amirul Hajj Jabar, namun seluruh biayanya kini ditanggung oleh Kerajaan Arab Saudi.

Diketahui Kang Emil mendapatkan undangan khusus dari Kerajaan Arab Saudi sebagai tamu.

"Iya, saya dapat rezeki, dikasih gantinya sama Kerajaan Arab Saudi, jadi tamu," ucapnya. "Saya sebagai Gubernur akan menggunakan kesempatan ini sekalian mengunjungi jamaah selayaknya Amirul Hajj Jawa Barat."

Bahkan, istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya dan putrinya Camillia Laetitia Azzahra juga diundang Kerajaan Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

"Yang harusnya saya saja, kerajaan Saudi berbaik hati ngasih ke saya, istri sama Zara. Jadi kami pergi haji dengan keluarga dengan anggaran dari Kerajaan (Arab Saudi)," kata Kang Emil. (Ant)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya