Jelang Wukuf, Jemaah Haji Perbanyak Doa dan Zikir di Tenda Arafah

Jemaah haji khusyuk beribadah jelang wukuf Arafah
Sumber :
  • ANtara

VIVA Nasional – Jemaah haji Indonesia sudah seluruhnya berada di tenda-tenda yang sudah disiapkan di Arafah, untuk melaksanakan wukuf di Arafah, Jumat, 8 Juli 2022. Sembari mengisi waktu jelang wukuf jemaah khusyuk beribadah di tenda masing-masing.

Pertamina Siap Layani Avtur Penerbangan Haji 2024

Seperti diketahui, waktu wukuf di Arafah dilaksanakan ba'da zawal atau setelah azan zuhur saat tergelincir matahari. Wukuf diawali dengan Salat Zuhur/Jumat dan dilanjutkan khutbah wukuf. 

Pantauan di Arafah, Jumat, jemaah sebagian berzikir dan berdoa. Ada juga jemaah yang melaksanakan salat duha, membaca Alquran dan amalan-amalan lainnya.

Catat, Ini Ketentuan Asuransi Jemaah Haji dan Dibadalhajikan Jika Wafat

Salah seorang calon haji, Agus Subagio asal Pamekasan, Madura terlihat duduk di atas kasur di tendanya sambil membaca zikir. Ia mengisi waktu dengan amalan dan ibadah sambil menunggu puncak haji yaitu khutbah wukuf dan salat jamak qasar Zuhur dan Ashar.

Ibadahnya menjadi lebih nyaman dengan kondisi tenda yang dingin dari pendingin udara meski di luar suhu udara menunjukkan angka 37 derajat Celsius. "Di sini nyaman AC-nya dingin dan ada kasur, bantal dan selimut baru," katanya.

Tiba di Madinah untuk Berhaji, Saipul Jamil Sangat Ingin Fokus Ibadah

Agus mengaku saat wukuf akan mendoakan keluarga dan sanak saudara yang ditinggalkan di Tanah Air.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman handai taulan yang sudah mendoakan kami lancar melaksanakan ibadah haji. Kami juga akan mendoakan agar bisa segera ke Tanah Suci," kata Agus dengan suara bergetar.

Begitu juga dengan calon haji lainnya dari Gresik, Nisa Faqih Hairani yang mengaku mengisi waktu dengan berdoa dan berzikir serta membaca talbiyah.

Saat puncak haji, wukuf Nisa mengaku akan menyampaikan doa untuk kesehatan keluarga dan kelancaran dalam beribadah serta dapat kembali sehat pulang ke rumah.

"Ada doa khusus yang akan saya panjatkan, tapi tentunya itu rahasia.Yang penting semua sehat, lancar ibadah dan Indonesia semakin jaya," katanya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya