Pesawat Latih TNI AL yang Jatuh Ditemukan di Kedalaman 15 Meter

Pesawat latih TNI AL T-2503
Sumber :
  • Akangaviation

VIVA Nasional – Pesawat latih TNI AL yang jatuh di Selat Madura akhirnya ditemukan. Saat ini, petugas masih berupaya mengevakuasi badan pesawat jenis G-36 Bonanza T-2503 tersebut.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Informasi tersebut disampaikan Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Dr TSNB Hutabarat dalam keterangan melalui video yang diterima awak media, Kamis, 8 September 2022.

“Kita sudah menemukan pesawat yang berada di bawah permukaan air,” katanya.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Pesawat latih TNI AL jatuh di selat Madura

Photo :
  • FlightRadar24

Pesawat nahas itu terjatuh dan tenggelam di kedalaman kurang lebih 15 meter dari atas permukaan air. “Dan pada proses saat ini kita akan melaksanakan mengangkat pesawat tersebut,” ujar Laksda Hutabarat.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Dia menjelaskan, peristiwa jatuhnya pesawat latih tersebut berawal dari pelaksanaan latihan yang digelar pada Rabu kemarin. “Kemudian organisasi latihan, karena adanya peristiwa hilangnya pesawat G-36 Bonanza tersebut, maka organisasi latihan berubah jadi organisasi search and resque,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, dari informasi ATC tower Bandara Juanda Surabaya, pesawat latih jenis G-36 Bonanza dengan Nomor Registrasi T2503 itu takeoff dari Lanud Juanda Surabaya pukul 08.44 WIB dan dilaporkan hilang kontak sekitar pukul 08.55 WIB.  

Letkol Mahfud memastikan TNI AL saat ini tengah melakukan pencarian di titik yang diduga jatuhnya pesawat.  "Masih dilakukan pencarian ke lokasi jatuhnya pesawat," terangnya.

Dari foto yang beredar, personil TNI AL telah menemukan serpihan badan pesawat di sekitar perairan Bangkalan, Madura.  Pesawat nahas tersebut sebelumnya terbang dalam rangka melaksanakan latihan guna memeriahkan HUT TNI AL ke-77 pada 10 September 2022 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya