Diprotes NU dan MUI Jatim, Acara Hijrahfest Surabaya Ditunda

Poster Penundaan Surabaya Islamic Festival yang diunggah Hijrahfest 2022
Sumber :
  • IG Hijrahfest - Nur Faishal

VIVA Nasional – Hijrahfest mengumumkan penundaan acara Surabaya Islamic Festival yang sedianya digelar di Jatim Expo Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat hingga Minggu, 14-16 Oktober 2022. Penundaan itu diumumkan setelah sehari sebelumnya diprotes Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim karena keberatan logo dua organisasi kemasyarakatan itu dicatut di acara yang digagas Arie Untung tersebut.

Prabowo Akui Dekat NU Sejak Prajurit Muda: Kalau Orang Menghadapi Maut yang Dicari Kiai

Pengumuman penundaan acara Surabaya Islamic Festival disampaikan pihak penyelenggara melalui akun Instagram Hijrahfest, @hijrahfest, pada Jumat, 14 Oktober 2022. Dalam unggahan itu, poster berlatar hijau diposting dengan desain tulisan besar-besar: Surabaya Islamic Festival Reschedule.

Surabaya Islamic Festival.

Photo :
  • Nur Faishal/ VIVA.
MUI Ajak Masyarakat Doakan Timnas Indonesia: Juara Piala Asia U-23 dan Lolos Olimpiade

"Qodarullah Acara Road to Hijrahfest ‘Surabaya Islamic Festival’ belum dapat dilaksanakan sampai waktu yang tidak ditentukan. Kami mewakili panitia , mohon maaf atas segala khilaf baik sengaja ataupun tidak sengaja,"tulis akun tersebut.

"InsyaAllah kami dari panitia akan menyelesaikan segala administrasi/sewa booth/biaya tiket yang sudah dibayarkan 100 persen sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan dengan sebaik-baiknya dan secepatnya," tambah akun Hijrahfest.

Menang Pilpres, Prabowo Sebut Butuh Dukungan NU untuk Bangun Bangsa

Di akun tersebut juga dijelaskan bahwa sebetulnya tiket yang sudah disiapkan panitia telah terpesan habis. VIVA coba mengkonfirmasi di nomor WA yang tertera di poster acara sebelumnya, namun hingga sekarang belum berbalas. 

Pertanyaan pesan singkat melalui pesan langsung di akun @hijrahfest juga belum dibalas hingga berita ini selesai ditulis.

Sebelumnya, PWNU dan MUI Jatim memprotes acara Surabaya Islamic Festival oleh Hijrahfest karena dalam poster pengumuman mencatut logo NU dan MUI. Kendati unggahan poster tersebut sudah dihapus, namun NU dan MUI Jatim keberatan karena kadung menyebar dan menuntut pihak Hijrahfest meminta maaf.

"PWNU Jatim memprotes keras dan mendesak pihak penyelenggara untuk meminta maaf 1 x 24 jam atas pencatutan logo NU dalam penyelenggaraan acara hijrahfest di JX tersebut," kata Sekretaris PWNU Jatim Akhmad Muzakki dalam keterangannya, Kamis 13 Oktober 2022.

Protes sama disampaikan MUI Jatim. "MUI Jatim menyatakan sikap bahwa tidak ada keikutsertaan dan tidak melibatkan diri dalam pengelenggaraan kegiatan hijrahfest (Surabaya Islamic Festival) 2022 di Jatim Expo Surabaya," kata Ketua MUI Jawa Timur KH Ahsanul Haq.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya