Senin, Mendagri Lantik Heru Budi Hartono Sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta

Kasetpres Heru Budi Hartono
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA Nasional – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan melantik Heru Budi Hartono sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pada Senin 17 Oktober 2022. 

Ucapkan Selamat Hari Buruh, Jokowi: Setiap Pekerja Adalah Pahlawan

Pelantikan dimulai pukul 08.30 WIB di Ruang Sasana Bhakti Praja, kantor Kemendagri,” kata Kapuspen Kemendagri Benny Irwan dalam keterangannya, Minggu 16 Oktober 2022.

Benny juga menjelaskan sejumlah pejabat akan turut hadir dalam pelantikan tersebut. Selain melantik Pj Gubernur DKI, Tito Karnavian dijadwalkan akan melantik Pj Bupati Yapen dan Pj Bupati Tolikara.

Momen Jokowi Gowes Sepeda Bambu di Mataram

Baca juga: Respons Mahfud MD Soal Ucapan Teddy Minahasa ‘Jangan Jadi Polisi Kalau Mau Kaya’

Untuk diketahui, masa jabatan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur berakhir pada hari ini, Minggu 16 Oktober 2022. Setelahnya, posisi DKI 1 akan diisi oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono sebagai Penjabat Gubernur (Pj).

Belum Mampu Atasi Banjir dan Macet di DKI, SPJ beri Rapor Merah Kinerja Heru Budi

Penunjukkan Heru sebagai Pj Gubernur DKI diputuskan oleh Presiden Jokowi setelah selesai memimpin sidang Tim Penilai Akhir atau TPA untuk memilih Pj Gubernur DKI. 

Selain itu, penunjukkan Heru sebagai Pj Gubernur DKI ini salah satunya karena Heru dinilai memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan dua calon lainnya.

Gubernur DKI Anies Baswedan bersama Pj Gubernur terpilih Heru Budi Hartono

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki

Seperti diketahui, ada tiga nama calon Penjabat atau Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan, yang telah dikirimkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ke Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Sementara saat dikonfirmasi oleh VIVA Nasional tentang kesiapan Heru Budi Hartono untuk dilantik sebagai PJ Gubernur DKI Jakarta, dirinya menjawab bahwa dirinya siap dan akan dilantik pada Senin 17 Oktober 2022.

“Besok (dilantik sebagai Pjs Gubernur DKI),” kata Heru saat dikonfirmasi VIVA pada Minggu, 16 Oktober 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya