Jokowi Bicara di Dies Natalies USU, Ini Pesan Presiden

Presiden Jokowi sampaikan sambutan secara virtual di Dies Natalie USU
Sumber :
  • YouTube USU

VIVA Nasional– Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas Dies Natalis ke-70 Universitas Sumatera Utara (USU). Ia mengapresiasi USU berperan aktif dan berkontribusi untuk kemajuan sumber daya manusia (SDM) bangsa, mendidik mahasiswa yang berintegritas dan memiliki jiwa entrepreneurship.

Jokowi Tunda Penerapan Kewajiban Sertifikasi Halal Produk UMKM hingga 2026, Ini Pertimbangannya

"Menghadirkan alumni di berbagai bidang di dalam maupun di luar negeri. Dan membantu persoalan-persoalan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Jokowi dalam video ditayangkan pada sidang terbuka Dies Natalis ke-70 USU di Auditorium USU, Kamis 20 Oktober 2022.


Dies Natalis USU tahun ini mengambil tema "Toward Entrepreneurial University". Jokowi mengatakan,  sebagai momentum USU untuk bertransformasi menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berstandar internasional. 

Penjelasan Pria yang Nekat Terobos Paspampres untuk Dekati Jokowi


"USU semakin inklusif melalui pembelajaran berbasis digital. Kegiatan kampus bisa diakses siapa saja," tutur mantan Wali Kota Solo itu. 


Mantan Gubernur DKI itu juga mengharapkan USU semakin aktif, pengembangan produk-produk inovasi, pengelolaan dan hilirisasi kekayaan intelektual.

Meski Ada Solusi Keringanan Pembayaran, BEM USU Tegas Menolak Kenaikan UKT


"Saya mengajak sivitas akademika USU untuk terus melanjutkan inovasi, prestasi dan menjadikan Universitas kedepan dalam memberikan sumbangsih untuk kemajuan Indonesia," sebut Jokowi.


Sementara itu, Rektor USU Dr Muryanto Amin mengatakan pada tahun 2022 ini, USU  berusia 70 tahun, menandai perjalanan panjang yang telah ditempuh USU sebagai salah satu Universitas tertua di Indonesia, dengan kontribusi yang signifikan pada pembangunan manusia dan pengembangan keilmuan bagi Bangsa Indonesia.


"Peringatan usia ke-70 ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk merefleksikan seluruh upaya yang telah dilakukan USU, berdasarkan potensi keunggulan yang dimiliki dikembangkan secara berkesinambungan. Hal itu, untuk mewujudkan Visi USU pada Tahun 2039 yaitu Menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global," jelas Muryanto.


Program Prioritas Rektor USU 2021-2026 dan Rencana Strategis USU 2020-2024 yang memfokuskan pengembangan USU sebagai universitas yang menggabungkan program pembelajaran inovatif, hilirisasi penelitian, dan produk inovasi yang digunakan oleh masyarakat, pemerintah dan industri. 

"Peringatan Dies USU ke-70 ini memperkuat semangat entrepreneurial, agar menghadapi potensi resesi tahun 2023. Indonesia dapat bertahan dan memperkuat pondasi ekonomi bangsa melalui pengembangan teknologi dan inovasi industri nasional agar mengurangi ketergantungan Indonesia pada produk impor," tutur Muryanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya