Sidang Tanwir Tetapkan 39 Calon Tetap Pimipinan Muhammadiyah, Ini Daftarnya

Peserta Tanwir Muhammadiyah melakukan pemilihan calon tetap PP Muhammadiyah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

VIVA Nasional – Sebanyak 197 peserta Tanwir Muhammadiyah melakukan pemilihan calon tetap Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah periode 2022-2027. Sidang pleno IV Tanwir Muhammadiyah yang digelar di Gedung Djazman Al-Kindi UMS, Solo, Jawa Tengah itu telah mengesahkan 39 nama calon tetap pimpinan Muhammadiyah 2022-2027 yang dipilih secara e-voting.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Ketua Panitia Pemilih, Dahlan Rais menyampaikan ada 202 yang mestinya harus melakukan pemilihan. Namun ada 5 orang yang tidak dapat memilih, 3 di antaranya sakit dan 1 tidak berangkat. "Nanti ada berita acara kita syukuri berjalan sesuai rencana," kata Dahlan Rais.

Setelah itu dilakukan pembacaan berita acara Sidang Tanwir oleh Sekretaris Panitia Pemilihan, Budi Setiawan. Salah satu isinya adalah pembacaan 39 calon tetap pimpinan Muhammadiyah yang telah terpilih dari 92 calon sementara.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Ketua Muhammadiyah, Dahlan Rais, ketika ditemui di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta, Selasa, 30 Juli 2019.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Dahlan Rais mengatakan, pemilihan calon tetap dilakukan secara e voting yang telah memenuhi syarat Luber. "Langsung umum bebas rahasia jujur karena mesin tidak bisa berbohong. Jadi Insya Allah hasil ini bisa dipertanggungjawabkan karena memenuhi persyaratan yang ada," ujarnya.

Gibran Masih Jabat Wali Kota Solo Usai jadi Wapres Terpilih, JK: Tidak Apa-apa

Sementara itu dalam penutupan persidangan Tanwir, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan  persidangan Tanwir telah berjalan baik dan ditutup pengumuman 39 calon tetap.

"Karena itu kami ucapkan terima kasih kepada SC, panitia pusat, panitia penerima dan panitia pemilih yang telah melaksanakan Tanwir juga kepada seluruh peserta anggota tanwir yang telah bersidang sejak pagi hari sampai sore," kata Haedar Nashir.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi

Anggota Panitia Pemilihan (Panlih), Muchlas mengatakan bahwa hasil e-voting dipastikan 100 persen sah. Keyakinan itu ditopang dua hal, pertama, level akurasi mesin e-voting, dan kedua, pakta integritas dari panitia pemilihan yang mengurus data. Dari sisi mesin e-voting, kata Muchlas, telah menjalani serangkaian tes dari sisi white box dan black box.

“Ini kan aplikasi kita dalam membangunnya menjalani beberapa tes, pertama dari sisi white box-nya yaitu dari sisi speed-nya itu sendiri sudah kita lakukan pengujian, kemudian yang kedua dari black box test-nya, jadi misalnya menguji kesesuaian yang dimasukkan dengan output-nya,” kata Muchlas.

Selanjutnya, Muchlas menuturkan bahwa akurasi mesin e-voting berstatus zero error dengan akurasi 100 persen. Hal ini diperkuat dengan adanya pakta integritas panitia pemilih sehingga keterjaminan akurasi data melebihi angka 100 persen.

“Sehingga dari sisi validasi kontennya, kesesuaian antara yang dipilih dengan apa yang tampil di layar itu sangat verified. Bahkan kalau kita bilang black box test itu sudah 100 persen, validitasnya 100 persen. Kita berani mengatakan seperti itu,” ujar Muchlas.

Berikut 39 calon tetap hasil sidang Tanwir 18 November 2022:

1. Anwar abbas
2. Syamsul Anwar
3. Haidar Nashir
4. Saad Ibrahim
5. Abdul Mu'ti
6. Dadang Kahmad
7. Hilman latief
8. Syafiq A Mughni
9. Amirsyah Tambunan
10. Busro Muqoddas
11. Agus Taufiqurahman
12. Imam ad Daruqutniy
13. Agung Danarto
14. Marpuji Ali
15. Muhadjir Efendi
16. Ary Anshori
17. A. Dahlan Rais
18. Sofyan Anief
19. Muhammad Ziyad
20. Khoirudin Bashori
21. M Sayuti
22. Ma'mun Murod
23. Irwan akib
24. M. Agus Samsudin
25. Hajriyanto Y Thohari
26. Fathurohman Kamal
27. Armyn Gultom
28. Zakiyyudin Baedhowi
29. Agus sukaca
30. Hamim Ilyas
31. Untung Cahyono
32. M Rizal Fadilah
33. Budi Setiawan
34. Ambo asse
35. Bambang Setiaji
36. Ahmad Khairudin
37. Asep Purnama Bahtiar
38. Syaifullah
39. Saidul Amin

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya