Akses Terputus, RSUD Cimacan Dibanjiri Ratusan Pasien Gempa Bumi Cianjur

RSUD Cimacan Rawat Ratusan Korban Gempa Bumi Cianjur
Sumber :
  • VIVA/ Muhammad AR

VIVA Nasional – Petugas terus mengevakuasi korban yang belum ditangani akibat gempa bumi yang mengoncang Cianjur, Jawa Barat dengan kekuatan Magnitudo 5,6 pada Senin 21 November 2022. Akibat jalan terputus menuju Cianjur, sebagian korban ditangani di RSUD Cimacan.

Rumah dan Sekolah di Tasikmalaya Juga Rusak Akibat Gempa Garut, 13 KK Terdampak

Hingga Selasa dinihari 22 November 2022 pukul 00.05 WIB, Koordinator Media RSUD Cimacan, Kabupaten Cianjur, dokter Rizki Utama menyampaikan sebanyak 213 masuk dari berbagai wilayah.

"Korban yang kita terima 213 orang, 13 diantaranya meninggal dunia. Tiga orang kita rujuk ke rumah sakit di daerah Bogor, 2 cidera kepala berat dan satu patah tulang paha," katanya kepada VIVA di lokasi.

Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

Gempa 5,6 Magnitudo mengguncang Cianjur-Bogor hingga Jakarta

Photo :
  • BMKG

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat merilis data terakhir korban jiwa dan kerusakan akibat gempa Cianjur pada Senin 21 November 2022. Sebanyak 162 orang dilaporkan meninggal dunia akibat gempa yang terjadi pada pukul 13.21 WIB.

Jumlah Rumah Rusak Imbas Gempa Garut Terus Bertambah, 4 Warga Terluka

Berdasarkan rilis laporan sementara BPBD Cianjur yang diterima VIVA, data hingga pukul 20.00 WIB menyebutkan bahwa sebanyak 162 orang dilaporkan meninggal dunia. Sementara, untuk korban luka-luka akibat gempa Cianjur mencapai 326 orang.

Kemudian, BPBD Cianjur juga menjelaskan sebanyak 13.784 orang dilaporkan mengungsi dan sebanyak 2.345 unit rumah dan bangunan dilaporkan mengalami kerusakan.

BPBD juga menyebutkan bahwa saat ini pihak terkait terus melakukan pendataan serta asessment korban, kerusakan dan melakukan evakuasi.

Lebih lanjut, BPBD Cianjur juga melaporkan adanya tanah longsor yang terjadi di Jalan Nasional Tapal Kuda Cugenang dan Jalan Kabupaten Desa Cijedil.

“Selain itu 2 jembatan dilaporkan rusak akibat gempa tersebut,” demikian bunyi pernyataan BPBD Cianjur yang diterima VIVA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya