Arus Lalu Lintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek Ramai Lancar dengan 4.000 Kendaraan per Jam

Dokumen - Arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek.
Sumber :
  • ANTARA/Ali Khumaini

VIVA Nasional – Arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek, khususnya di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terpantau cukup ramai di hari libur Natal, Minggu malam, 25 Desember 2022.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Kepala Polres Karawang AKBP Aldi Subartono, di Karawang, Minggu, mengatakan sejak pagi hingga malam, arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Cikampek atau sebaliknya cukup ramai.

Kendaraan yang melintas didominasi kendaraan pribadi, karena kendaraan besar jenis truk tidak diizinkan melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek selama musim libur Natal dan Tahun Baru.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Ilustrasi - Sejumlah kendaraan melintasi ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated.

Photo :
  • ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

"Jika masih ada kendaraan truk yang melintas, petugas langsung mengarahkan atau mengalihkan untuk keluar gerbang tol terdekat, untuk melanjutkan perjalanannya melintasi jalan arteri," kata Aldi.

7 Ribu Lebih Aparat Keamanan Amankan Putusan Sengketa Pilpres 2024 di MK Besok

Kepadatan arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek hanya terjadi pada pagi hari. Namun, itu bisa langsung diatasi dengan melakukan rekayasa lalu lintas melalui contraflow.

Sepanjang hari Minggu, sesuai dengan catatan Jasa Marga, kendaraan yang melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek mencapai sekitar 4.000 kendaraan per jam.

Ia menyampaikan, pada pengamanan musim mudik libur Natal dan Tahun Baru kali ini Polres Karawang telah mendirikan pos pengamanan terpadu di Km 57 arah Cikampek dan di Km 62 arah Jakarta.

Ilustrasi jalan layang non tol

Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

Selain itu, pos pengamanan juga didirikan di sejumlah titik jalan arteri dan jalur Pantura Karawang, mulai dari perbatasan Bekasi hingga titik perbatasan Subang.

Dari pantauan di lapangan pada Minggu malam, arus lalu lintas di jalan arteri Karawang ramai lancar, baik dari arah Jakarta menuju Jawa maupun sebaliknya.

Hingga kini, kepolisian masih terus berjaga di sejumlah titik pos pengamanan, baik di rest area jalan Tol Jakarta-Cikampek maupun di jalan arteri Karawang. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya