Pelabuhan Merak Kembali Ditutup karena Cuaca Buruk

Pelabuhan Merak mulai dipadati pemudik Lebaran 2022
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA Nasional – Pelabuhan Merak kembali ditutup karena cuaca buruk di perairan Selat Sunda. Penutupan dilakukan sejak Rabu malam, 28 Desember 2022, pukul 22.30 wib, hingga batas waktu yang belum ditentukan. 

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Pelayanan akan dibuka kembali, jika kondisi cuaca di Selat Sunda sudah kembali dianggap aman untuk berlayar dan proses sandar kapal.

"BPTD Wilayah VIII Banten selaku otoritas meminta pihak ASDP untuk menunda keberangkatan kapal hingga cuaca dinyatakan aman untuk kapal berlayar," ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin, dalam keterangan resminya, Rabu, 28 Desember 2022.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Shelvy menerangkan, kondisi cuaca di bulan Desember ini, terutama saat momentum Natal 2022 hingga Tahun Baru 2023 atau Nataru, akan diterjang hujan deras, angin kencang dan gelombang tinggi. Sehingga pengguna jasa penyeberangan yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry Cabang, terutama Pelabuhan Merak dan Bakauheni, diminta selalu berhati-hati selama diperjalanan.

Kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak Sabtu malam 30 April 2022.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama (Serang)
Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

"Kepada seluruh pengguna jasa kapal ferry agar tetap berhati-hati saat melakukan penyeberangan, mewaspadai cuaca buruk, dan pastikan kondisi stamina dan kendaraan agar tetap sehat dan prima," terangnya.

Selalu operator Pelabuhan Bakauheni dan Merak, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak terus berkoordinasi dengan BPTD Wilayah VIII Banten, Polri, TNI, Basarnas hingga BMKG, sebelum membuka kembali pelayaran di Selat Sunda. Jika kondisi cuaca memungkinkan untuk dilakukan pelayaran, akan di umumkan kembali melalui berbagai kanal resmi milik ASDP.

"Manajemen secara aktif dan berkelanjutan menyampaikan informasi kepada pengguna jasa jika terdapat keterlambatan pelayanan yang timbul dikarenakan cuaca ekstrem," jelasnya.

(Foto ILUSTRASI) Antrean Kendaraan Keluar dari Pelabuhan Merak, Cilegon Banten

Photo :
  • VIVA/ Yandi Deslatama

Sebelumnya, Pelabuhan Merak dan Bakauheni juga ditutup karena cuaca buruk pada pekan lalu, Kamis, 22 Desember 2022. Saat itu, kedua pelabuhan ditutup selama lima jam, karena kapal sulit sandar dan jika dipaksakan membahayakan keselamatan penumpang.

Penutupan Pelabuhan Merak menyebabkan kemacetan panjang hingga ke Jalan Cikuasa Atas atau mendekati Gerbang Tol (GT) Merak, Kota Cilegon, Banten.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya