Cuaca Buruk, Pelabuhan Merak dan Bakauheni Ditutup

Pelabuhan Merak-Bakauheni.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Nasional – Malam tahun baru, Pelabuhan Bakauheni dan Merak kembali ditutup untuk ketiga kalinya karena dihantam cuaca buruk. Penutupan dilakukan sejak pukul 18.15 wib, hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Kedua pelabuhan tersebut akan dibuka kembali, jika cuaca sudah membaik. Penutupan pelabuhan itu juga disampaikan PT ASDP Indonesia Ferry melalui akun resmi Instagramnya, @asdp191.

"Sehubungan dengan kondisi cuaca, dapat kami sampaikan layanan Ferry Expres dan Reguler Merak dan Bakauheni ditutup sementara," begitu tulisnya, saat dikutip Sabtu, 31 Desember 2022, pukul 18.42 wib.

Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Kepabeanan bersama KSOP dan TNI AL

Kemudian dalam keterangan resminya, PT ASDP Indonesia Ferry meminta maaf atas penutupan pelabuhan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera tersebut. 

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Penutupan dilakukan demi keamanan dan kenyamanan bersama, sehingga tidak terjadi kecelakaan laut.

"Hal ini semata-mata demi keselamatan pelayaran, dan tentunya keselamatan seluruh pengguna jasa ferry," ujar Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, Sabtu, 31 Desember 2022.

Pelabuhan Penyeberangan Merak

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Shelvy menerangkan, kondisi cuaca di Selat Sunda memang sedang tidak bersahabat. Hal ini sesuai prediksi BMKG, pada saat libur tahun baru 2023, akan terjadi hujan lebat.

Masyarakat yang akan menyebrangi Selat Sunda diminta bersabar dan tidak memaksakan diri melanjutkan perjalanan. Kemudian, pastikan kondisi kendaraan dan tubuh dalam kondisi baik.

"Kondisi cuaca ekstrim yang dapat berubah sewaktu-waktu ini tentu dapat berdampak pada proses sandar kapal. Kami berharap pengguna jasa dapat memahami dinamika di lapangan. Dimana, potensi keterlambatan dalam waktu pelayanan dapat terjadi dikarenakan penundaan jadwal keberangkatan kapal dikarenakan kondisi cuaca," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya