Kapolri Ingatkan Anak Buah Hati-hati Lonjakan Besar Mudik 2023

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA NasionalKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar pasukan Operasi Ketupat 2023 untuk pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023 di Halaman Monas, Jakarta Pusat pada Senin, 17 April 2023.

Hanya Ingat Alhamdulillah Pasca Operasi Otak Buat Pria Ini Jadi Mualaf

Hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendi; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono; Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas; Panglima TNI diwakili Kasum TNI, Letjen Bambang Ismawan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memantau jalur mudik via udara

Photo :
  • dok Polri
Terkuak, Ini Alasan Baju Dokter di Ruang Operasi Berwarna Biru Atau Hijau

“Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan seluruh stakeholder terkait, dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah,” kata Sigit.

Menurut dia, Kementerian Perhubungan memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan saat arus mudik Lebaran 2023 dibanding tahun 2022. Pada mudik 2022, ada 85,5 juta jumlahnya meningkat menjadi 123,8 juta tahun 2023 atau meningkat 44,8 persen.

Jenderal Perang Angkatan Laut Belanda Datangi Markas Sarang Petarung Marinir, Ada Apa?

“Kerja keras bersama pada pengamanan mudik lebaran tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Selanjutnya, Sigit menyampaikan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menekankan bahwa dalam pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2023 harus hati-hati mengingat terjadi lonjakan besar yang mudik hingga 123 juta.

“Artinya, ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik,” ungkapnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Photo :
  • Istimewa.

Atas dasar perintah dan kebijakan Presiden Jokowi, Sigit mengatakan Polri dan stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi Ketupat 2023 selama 14 hari sejak 18 April sampai 1 Mei 2023.

“Operasi ini telah diawali dengan KRYD atau kegiatan rutin yang ditingkatkan tanggal 10 sampai 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 sampai 9 Mei 2023,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya