Panglima TNI Sebut 4 Prajurit Hilang Usai Diserang KKB di Nduga: Masih Dicari

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono jumpa pers di Lanud Timika
Sumber :
  • Ist

VIVA Nasional – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memantau langsung proses evakuasi prajurit TNI yang menjadi korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pada Sabtu, 15 April 2023. 

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Menurut Panglima, sebanyak 36 prajurit ditugaskan melaksanakan patroli terkait upaya pencarian pilot Susi Air yang disandera KKB di Nduga, Papua Pegunungan. Dalam perjalanan, mereka diserang KKB dan terjadi kontak tembak.

"Posisi pasukan kita mempertahankan diri, dari 36 tersebut ada satu meninggal Pratu Miftahul Arifin, ada 4 orang kena luka tembak, alhamdulilah selamat semua dan yang belum terkonfimasi sampai saat ini ada 4 personil, ini masih dicari, jadi situasinya seperti itu," Panglima TNI Yudo Margono saat jumpa pers di Lanud Yohanis Kapiau, Timika, Papua, Selasa, 18 April 2023.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Panglima memastikan konsentrasi satgas operasi saat ini mengevakuasi korban meninggal dunia yang terjatuh di jurang sedalam 15 meter. Proses evakuasi belum berhasil karena terkendala cuaca di lokasi. 

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat melepas pasukan ke Papua

Photo :
  • Puspen TNI
140 Prajurit Baru Spartan Hardha Dedali Resmi Perkuat Yonko 467 Kopasgat

Sementara itu, konsentrasi lainnya juga mengevakuasi 4 prajurit TNI yang mengalami luka-luka. Panglima Yudo mengungkapkan, 4 prajurit yang terluka diantaranya 3 terkena luka tembak dan 1 terpeleset berhasil selamat dan telah dievakuasi ke rumah sakit.

"Ada 3 yang terkena tembak dan sudah berhasil dievakuasi, dan alhamdulillah kondisi sehat semua karena melihat ke saya bilang 'selamat siang panglima', jadi masih sadar. (lihat) Pak Kasad juga begitu, bilang 'Komando', mereka masih sadar semoga sehat kembali dan kembali pulih," tegasnya

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan merubah pola operasi penanganan aksi kekerasan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua menjadi siaga tempur. Perubahan ini merespons serangan-serangan yang kian masif yang dilakukan KKB Papua kepada aparat maupun warga sipil. 

Teranyar, kata Panglima TNI, satu prajurit TNI dari Yonif 321/GT, Pratu Miftahul Arifin gugur saat melaksanakan tugas operasi di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.  Pratu Miftahul Arifin bersama puluhan personel TNI ditembaki KKB saat mendekati posisi Pilot Susi Air Phillip Mehrtens yang disandera KKB.

"Kita tetap melakukan operasi penegakan hukum dengan soft approach, tetap kita mendahulukan ini, sejak awal saya sampaikan itu, tapi dengan kondisi seperti ini khususnya di daerah-daerah tertentu kita ubah menjadi siaga tempur," kata Panglima TNI Yudo Margono saat jumpa pers di Lanud Yohanis Kapiau, Timika, Papua, Selasa, 18 April 2023.

Menurut Panglima, peningkatan pola operasi siaga tempur ini merenspons eskalasi kebrutalan serangan KKB di beberapa wilayah di Papua. Bila sebelumnya direspons dengan upaya soft approach dan penegakan hukum, Panglima menyatakan sekarang diubah menjadi siaga tempur. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya