Pecah Rekor, Arus Mudik di Tol Kalikangkung Semarang Tembus 74.590 Kendaraan Sehari

Kepadatan arus kendaraan pemudik di GT Kalikangkung, Jawa Tengah, Kamis 20/4
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Situasi arus lalu lintas mudik Lebaran 2023 di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang hari ini, Kamis, 20 April 2023 terpantau ramai dan padat. Dari catatan Posko Terpadu GT Kalikangkung, jumlah kendaraan yang melintas mencapai 74.590 kendaraan, terhitung dari Rabu (19/4) pukul 06.00 hingga Kamis (20/4) pukul 06.00, atau 24 jam.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Angka ini naik tajam dibanding kemarin yang tercatat 46.874 kendaraan. Selain itu, angka 74.590 juga melampaui rekor tertinggi pada masa arus mudik Lebaran tahun lalu yang mencapai 60 ribu lebih kendaraan yang melintas dalam sehari atau kurun waktu 24 jam.

Dari pantauan di gerbang tol Kalikangkung pada Kamis, sejak pagi arus kendaraan terus mengalir untuk masuk jalur transaksi dan tapping kartu. Antrean sempat terjadi cukup panjang, sekitar 200 meter. Petugas pun turun ke jalan untuk mengatur agar antrean kendaraan tidak menumpuk dan bisa terbagi ke seluruh jalur transaksi.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Penerapan one way juga masih terus berlangsung. Dua jalur yang semestinya untuk dua arah, kini dipakai untuk satu arah saja dari Jakarta ke Semarang. Bedanya, jika kemarin sempat dibuka one way lokal atau perpanjangan hingga tol Tingkir Salatiga, maka pagi ini one way dikembalikan lagi hanya sampai Gerbang Tol Kalikangkung. 

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Situasi ini masih bisa berubah melihat situasi terkini dari arus kendaraan baik di Kalikangkung maupun di tol dalam kota di Semarang.

"Untuk perpanjangan one way hingga ke gerbang berikutnya seperti Bawen, itu diskresi dari kepolisian. Kami sebagai pengelola tol mengikuti kebijakan tersebut dan siap semaksimal mungkin," kata Nasrullah, Direktur PT Jasa Marga Semarang Batang yang mengelola Gerbang Tol Kalikangkung, Kamis.

Diprediksi kepadatan arus kendaraan mudik Lebaran Masih akan terjadi pada hari ini dan besok.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya