Hasto Beberkan Alasan Megawati Pilih Istana Batu Tulis Umumkan Ganjar Capres PDIP

Presiden Jokowi dan Megawati makan malam di Istana Batu Tulis Bogor
Sumber :
  • Sekjen PDIP

VIVA Nasional - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung partainya di Pemilu 2024.

Megawati Instruksikan Ita Maju Pilwakot Semarang

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP,  Hasto Kristiyanto menjelaskan alasan Megawati mengumumkan Ganjar jadi capres di Istana Batu Tulis. Istana tersebut merupakan kediaman Bung Karno yang mengajarkan berbagai ideologi politik bagi rakyat Indonesia.

"Di sinilah di Istana Batu Tulis ini, rumah kediaman Bung Karno, kita semua diajarkan tentang watak politik yang digerakkan oleh keyakinan ideologi dan education of life bagi rakyat bangsa dan negara," ujar dalam keterangannya, Jumat 21 April 2023.

Soal Urusan Ini Ganjar Pranowo Sejalan dengan Moeldoko

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung Jakarta Selatan

Photo :
  • VIVA/ Zendy Pradana

Menurut Hasto, Istana Batu Tulis juga mengajarkan ide, gagasan, pemikiran dan cita-cita. Hal itu tidak dapat dimatikan dengan cara apapun. Oleh sebab itu, rapat DPP PDIP yang mengumumkan calon presiden untuk Pemilu 2024 dilakukan di Istana Batu Tulis.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

"Terlebih ketika keseluruhan ide dan cita-cita itu digali dari amanat penderitaan rakyat dari harapan rakyat. Atas dasar itulah rapat DPP yang sangat penting ini oleh ibu Megawati diadakan di Istana Batu Tulis, dan dihadiri secara khusus oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi," ucapnya.

Selain itu, Hasto juga menjelaskan makna rapat DPP PDIP untuk pengumuman itu, yang merupakan rapat DPP PDIP yang ke-140.

"1 tambah 4 itu lima itu 5 Sila Pancasila. Angka nol-nya itu berarti bulatnya tekad kader PDI Perjuangan yang menyatu dengan rakyat," kata Hasto.

"Bulatnya dan utuhnya cita-cita nasional kita yang digali Bung Karno dan utuhnya Negara Kesatuan Indonesia dan Pancasila," sambungnya.

Sebagai informasi, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) untuk maju dalam Pemilu 2024 mendatang. 

Pengumuman Ganjar Pranowo Sebagai Capres PDIP

Photo :
  • Youtube

"Maka pada jam 13.45 WIB dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," ujar Megawati saat konferensi pers di Istana Batu Tulis, Bogor, Jumat 21 April 2023.

Dia juga mengatakan telah berdialog atau berdiskusi dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebelum memutuskan usung Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024.

"Tugas dan tanggung jawab saya tersebut bukanlah sebuah hal yang ringan, karena itulah saya gunakan seluruh akal budi, mata hati, dan pikiran. Saya berdialog termasuk dengan Pak Jokowi termasuk jajaran internal partai, termasuk Mas Ananda Prabowo dan Mbak Puan Maharani, kader, dan petugas partai yang telah lama digembleng jadi pemimpin," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya