Kapolri Buka Peluang Perpanjang One Way hingga Halim Jika Arus Balik 2023 Padat

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau arus mudik di GT Kalikangkung
Sumber :
  • dok Polri

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi padatnya kendaraan saat arus balik mudik Lebaran 2023. Diprediksi, puncak arus balik terjadi mulai 24-25 April 2023.

Pelindo Layani 2,26 Juta Orang Selama Periode Mudik Lebaran 2024

"Arus mudik 2023 adalah arus mudik dengan puncak mudik tertinggi sepanjang 2019 sampai 2022. Sehingga untuk arus baliknya juga menjadi arus balik tertinggi sehingga dilakukan langkah-langkah dan upaya untuk melakukan rekayasa khususnya dari jajaran kepolisian, untuk pengaturan baik di jalur tol atau jalur arteri," kata Sigit dalam konferensi pers, Minggu, 23 April 2023. 

Suasana arus balik di Tol Semarang, Senin, 9 Mei 2022.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.
Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Rekayasa lalu lintas yang disiapkan antara lain, skema one way atau satu arah, contraflow hingga ganjil genap (gage). Sistem ganjil genap akan diterapkan jika terjadi kemacetan parah kendaraan saat arus balik berlangsung.

Sementara, untuk skema one way atau satu arah akan diberlakukan mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Tol Cikampek Utama (Cikatama). Jika kemacetan makin meluas, maka one way akan diperpanjang hingga wilayah Bekasi bahkan sampai Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

"(One way) dari GT Kalikangkung sampai Tol Cikatama KM 70. Demikian juga apabila ternyata harus one way sampai mengarah wilayah Jakarta kami telah mempersiapkan mulai dari KM 70, KM 36 (Bekasi) bahkan sampai KM 3+5000 (Halim Perdanakusuma)," tuturnya.

"Kita persiapkan semua termasuk pengaturan contraflow disesuaikan dengan hitungan yang ada di Jasa Marga untuk pemantauan terkait dengan volume kepadatan lalu lintas," sambung Sigit. 

Puncak Arus Balik Diprediksi Mulai 24-25 April 

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran 2023 akan terjadi mulai besok yakni 24 sampai 25 April 2023. 

Maka dari itu, Polri akan menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di beberapa titik untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan mulai dari Timur menuju arah Jakarta.

"Karena beban di di 24 dan 25 puncak arus balik tersebut harus bisa diurai karena kalau tidak bisa terjadi stuck. Memang beban terkait luas jalan, memang beban yang ada melampaui dengan kapasitas baik tol maupun arteri,” kata Sigit dalam konferensi  pers bersama Menko PMK, Menhub dan Jasa Marga, Minggu, 23 April 2023.

Polisi mengatur lalu lintas pada saat puncak arus balik Lebaran 2022 di Jalan Lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu, 8 Mei 2022.

Photo :
  • ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

Beberapa rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan Polri dalam menyambut puncak arus balik mudik Lebaran 2023 di jalur tol antara lain, skema one way atau satu arah, contraflow hingga ganjil genap (gage). 

Sementara, untuk jalur arteri, Sigit akan mengerahkan personil untuk memantau titik-titik rawan macet dan rawan kecelakaan khususnya di jalur arteri. Sigit tidak mengungkap berapa jumlah personil yang dikerahkan, namun kata dia jumlahnya besar.

"Juga bagaimana di titik-titik potensi rawan macet dan rawan kecelakaan, personil Polri dan juga gabungan kita turunkan dalam jumlah besar sehingga kemudian baik yang di tol maupun yang di arteri semuanya bisa berjalan," tuturnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya