Arus Mudik Masih Tinggi, KAI Catat 36 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Gambir dan Senen

Mudik Kereta Api, Puncak Arus Mudik 2023
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat tingginya penumpang mudik di Stasiun Gambir fan Stasiun Pasar Senen meski sudah memasuki H+2 Lebaran. Sekitar 36.000 atau 80 persen penumpang telah berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Publik Puas dengan Pelaksanaan Mudik, Kompolnas: Bukti Semangat Polisi Melayani Masyarakat

"Volume pengguna jasa yang berangkat di moment lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen masih tinggi meski sudah memasuki hari kedua setelah moment lebaran (H+2). Sekitar 36.000 Penumpang Berangkat Dari Stasiun Gambir Dan Pasar Senen, jumlah tersebut masih cukup tinggi jika dibandingkan pada masa normal. Pada 25 April 2023 okupansi penumpang masih diatas 80 persen dari total ketersediaan tempat duduk," ujar Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya, Selasa 25 April 2023.

Eva mengatakan hari ini terdapat sekitar 22.200 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi. Sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 13.800 dengan layanan 38 KA beroperasi.

Viral Petugas Jatuh dari Pintu Pesawat, TransNusa Sebut Ada Miskomunikasi

Secara total untuk jadwal keberangkatan 12 sampai dengan 25 April (H-10 sampai H+2) tercatat sekitar 519 ribu pengguna jasa berangkat menggunakan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen di area Daop 1 Jakarta pada momen lebaran. 

Survei Indikator : Peran Polantas dan Informasi Publik Beri Kepuasan Mudik

Puncak arus mudik dengan keterisian tempat duduk mencapai 100 persen terjadi pada tanggal 18 sampai dengan 22 April 2023. Sementara berdasarkan data Selasa 25 April 2023 sekitar 643 ribu tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual.

Mudik Kereta Api, Puncak Arus Mudik 2023

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 sampai 24 April 2023," katanya.

Adapun berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 18 s.d 23 April dimana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai 100 persen. 

Sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya