Penjelasan Loka POM soal Presiden Jokowi Nyaris Santap Makanan Berformalin di Labuan Bajo

Loka POM Manggarai Barat sedang melakukan pemeriksaan makanan.
Sumber :
  • Satria Zulfikar/VIVA.

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo berada di Labuan Bajo Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur sejak Sabtu 22 April 2023. Kedatangan Kepala Negara selain untuk mengisi liburan Idul Fitri 1444 H bersama keluarga sekaligus meninjau beberapa tempat pelaksanaan KTT ASEAN.

Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

Seperti diberitakan, Presiden Jokowi menunjuk Labuan Bajo sebagai tempat penyelenggaraan ASEAN Summit ke-42 pada 9-11 Mei 2023 mendatang.

Bersama kedua cucunya, Jan Ethes dan La Lembah Manah, serta putra-putranya yakni Gibran Rakabuming Raka beserta istri, Selvi Ananda, dan Kaesang Pangarep beserta istri, Erina Gudono menikmati keindahan destinasi Gua Batu Cermin dan berlayar menggunakan kapal pinisi ke Pulau Komodo,Pink Beach, Pulau Rinca dan Pulau Padar.

Prabowo Aktif Temani Jokowi, Pakar Politik: Menandakan Transisi Pemindahan Berjalan Mulus

Namun dalam kunjungan kali ini Presiden nyaris saja menyantap makanan mengandung formalin. Itu terjadi di salah satu tempat di Labuan Bajo.

Presiden Jokowi dan keluarga.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden.
Prabowo Temani Jokowi Bertemu PM Singapura, Pengamat: Simbol Pelibatan Pemimpin Masa Depan

Kepala Loka POM Manggarai Barat, Andirusmin Nuryadin membenarkan peristiwa itu. Sampel makanan berformalin ditemukan oleh petugas Loka POM gabungan 3 jam sebelum jadwal makan Presiden.

“Ditemukan tiga jam sebelum jam makan Bapak Presiden sehingga bahan yang mengandung formalin itu dipisahkan. Hanya satu sampel itu yang mengandung formalin, selain itu semuanya aman sampai Bapak pulang hari ini,” ujar Andirusmin Nuryadin kepada VIVA, Selasa 25 April 2023.

Nuryadin pun merahasiakan tempat kejadian dan jenis bahan yang mengandung formalin tersebut.  “Ini kami tidak bisa share,” tolak Nuryadin.

Dia menjelaskan, BPOM bertanggung jawab dalam pengujian sampel makanan yang akan dihidangkan ke Presiden supaya mendeteksi ada tidaknya zat-zat berbahan seperti Sianida, Nitrit, Arsen, Timbal, Formalin, Borak, Rhodamin B, dan Methanil Yellow.

“BPOM dalam hal ini tim Loka POM Manggarai Barat hanya menguji sampel makanan yang akan dihidangkan ke Presiden, hasil ujinya kami sampaikan ke tim Paspampres. Adapun untuk TL terkait hasil uji kami serahkan ke Paspampres selaku leading pengamanan Presiden,” papar Nuryadin.

“Kami siapkan 2 tim yang dimobilisasi ke tiap titik dibantu tim food security dari Paspampres juga. Kami di backup oleh personil dari BPOM Kupang dan Loka POM Ende,” imbuhnya.

Nuryadin menuturkan, 2 tim yang ditugaskan memeriksa food security terhadap makanan Presiden pada beberapa titik kunjungan Presiden Joko Widodo dan keluarga seperti di tempat transit Bandara Komodo, Hotel Meruorah, Hotel Ayana, dan Puncak Waringin.

Sedangkan food security di atas kapal pinisi Lako Di,a yang membawa Presiden dan keluarga mengelilingi Taman Nasional Komodo ditangani sepenuhnya oleh Paspampres.

“Untuk pinisi ada tim food security Paspampres yang melekat,” tutupnya.

Setelah 3 malam menginap di Labuan Bajo, Presiden dan rombongan kembali ke Solo pada Selasa siang 25 April 2023 pukul 12.50 WITA melalui Bandar Udara Komodo Labuan Bajo menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1.(Jo Kenaru/tvOne/NTT)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya