Gempa Bumi Berkekuatan M 6,0 di Laut Banda, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,0 melanda perairan Laut Banda (Maluku) dan Kaimana, (Papua Barat), Jumat 28 April 2023 pada pukul 18.19.56 WIT. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,7. 

Udara Panas yang Melanda RI dalam Beberapa Hari Terakhir Bukan Heatwave, Menurut BMKG

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,72° LS; 133,91° BT. Guncangan gempa bumi berpusat sejauh 120 Km arah Barat Laut Kepulauan Aru pada kedalaman 10 km.

Gempa bumi guncang Maluku dan sekitarnya

Photo :
  • Medsos BMKG
Pengendara Motor di Indonesia Hari Ini Diminta Waspada

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Buruway, Kaimana dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), daerah Kaimana, Teluk Etna, Kaimana dengan skala intensitas III - IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini Tidak Berpotensi Tsunami.

Dipimpin Umar Kei, FPMM Deklarasi Dukung Murad Ismail di Pilgub Maluku 2024

Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) dari Jenis dan Mekanisme Gempabumi, maka dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Terera-Aiduna.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip). Hingga pukul 16.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Peta gempa Maluku (Ilustrasi)

Photo :
  • BMKG

Atas Gempa bumi ini, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga dihimbau untuk menghindari diri bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” imbau pada situs resmi BMKG.

Laporan: Christ Belseran

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya