Petugas Akhirnya Berhasil Padamkan Kebakaran Malang Plaza setelah 12 Jam Berjibaku

Petugas Akhirnya Berhasil Padamkan Kebakaran Malang Plaza 
Sumber :
  • Uki Rama (Malang)

VIVA Nasional - Kebakaran melanda Malang Plaza berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran pada pukul 13.30 WIB. Petugas dan relawan pun akhirnya ditarik mundur dari gedung yang terletak di Jalan Agus Salim, Klojen, Kota Malang karena api sudah padam.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

"Kondisinya sudah selesai jam setengah dua, kita nyatakan pemadaman sudah selesai. Karena yang kondisi lantai satu, dua maupun tiga sudah tidak ada bara api. Pendinginan sudah kita lakukan," kata Kepala Satpol PP Kota Malang Heru Mulyono, Selasa, 2 Mei 2023. 

Heru menuturkan, api berhasil dipadamkan berkat kerjasama dan bantuan dari sejumlah pihak. Diantaranya, bantuan dari Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Malang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, PDAM atau Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang dan PT Bentoel. 

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Kondisi terkini kebakaran Malang Plaza di Kota Malang, Jatim.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Uki Rama (Malang)

"Kita dibantu dari Kabupaten Malang, PT Bentoel dan beberapa lainnya. Karena api sudah besar, air agak sedikit kesulitan, tapi tadi subuh air sudah stabil kita dapat pasokan," ujar Heru yang memastikan sekitar 12 jam lebih api baru berhasil dipadamkan dengan tuntas.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Heru mengatakan, dalam proses pemadaman. Petugas berjuang cukup ekstra agar api segera berhasil dijinakan. Bahkan, beberapa anggota pemadam kebakaran dan relawan mengalami sesak nafas dan harus dilarikan ke Rumah Sakit untuk mendapat perawatan intensif. 

"Beruntung tidak terlalu serius, kita kasih oksigen. Dan kita bawa ke rumah sakit allhamdulilah sudah membaik dan sehat," tutur Heru. 

Kebakaran landa Malang Plaza, Kota Malang, Jatim.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Uki Rama (Malang)

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto mengatakan, sampai saat ini polisi masih berjaga di lokasi kebakaran. Polisi bekerja sama dengan otoritas terkait untuk melakukan inventarisir jumlah outlet yang terbakar di dalam Malang Plaza. 

"Kita standby kan termasuk untuk menginventarisir jumlah ruko yang terbakar dan menjadi sumber api di kejadian ini. Ada 36 (outlet) di lantai dasar, 3 (outlet) di lantai 2, dan 24 (outlet) di lantai 3 (terdampak kebakaran). Ini masih kita padamkan api," ujar Budi Hermanto.

Kebakaran pertama kali terjadi di lantai 3 gedung Malang Plaza. Di lantai 3 terdapat gedung bioskop Mandala dan pusat perbelanjaan gawai. Api diduga berasal dari tempat ini. 

Malang Plaza adalah plaza pertama di Kota Malang yang dibangun pada 1986 silam. Tempat ini dulunya merupakan pusat perbelanjaan dan hiburan terbesar di Kota Malang. Saat ini Malang Plaza merupakan pusat elektronik dan gawai di Kota Malang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya