Kronologi 2 Bus TNI AL Terobos Palang Kereta Api hingga Nyaris Tertabrak

Kadispen TNI AL Letkol Laut (KH) Agus Setiawan
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA Nasional – Kepala Dinas Penerangan Lantamal V Surabaya Letnan Kolonel Laut (KH) Agus Setiawan membenarkan dua bus yang menerobos palang kereta api atau PJL milik instansinya. Keterangan itu disampaikan Agus menanggapi video saat dua bus tersebut menerobos palang kereta api dan viral di media sosial.

Usai Masalah Rem Kini Viral Gardan Belakang Mobil Omoda 5 Patah, Chery Lakukan Investigasi

Terkait dengan video viral di media sosial beberapa hari lalu terkait dengan penerobosan bus TNI AL di lintasan KA di Malang, dapat kami sampaikan bahwa bus tersebut memang punya AL," katanya di Mako Lantamal V Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 5 Mei 2023.

Dia mengungkapkan, peristiwa yang viral itu terjadi pada Kamis kemarin. Saat itu, dua bus tersebut membawa calon siswa dari Bandara Internasional Juanda Surabaya menuju ke Lembaga Penyediaan Tenaga TNI AL (Lapetal) Malang. "Mengangkut sekitar 40 calon siswa ke Lapetal Malang," ujarnya.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Dua bus itu berangkat dari Mako Lantamal V Surabaya sekira pukul 15.00 WIB dan langsung menuju Bandara Juanda. Setelah itu, bus kemudian membawa puluhan calon siswa ke Lapetal Malang melalui jalur tol. Nah, setibanya di PJL 78, bus berhenti lantaran ada kereta milik pertamina melintas.

Jawaban Tak Terduga Seorang Anak saat Ditanya Alasan Tak Ingin Punya Adik, Takut Global Warming

Setelah kereta api milik Pertamina melintas, kedua bus tersebut kemudian melintasi jalur kereta api, mengikuti beberapa sepeda motor yang juga bergerak. Alasannya, dari sisi timur atau dari arah datangnya bus, tidak ada palang kereta api. Palang kereta hanya terdapat di sisi barat atau sisi warga pengambil video.

2 Bus TNI AL Terekam Terobos Perlintasan Kereta Api

Photo :
  • Tangkapan Layar

Ternyata, setelah kereta Pertamina dan bus melintas, adalah kereta lokomotif yang juga melaju pelan. Nah, saat itulah warga merekam dan videonya viral di media sosial. "Kami menyampaikan terima kasih, yang pertama, kepada masyarakat yang telah memberikan informasi tersebut sehingga kejadian itu dapat segera kami monitor," tandas Agus.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, dua sopir bus tersebut mengaku tidak sengaja melintasi rel kereta api ketika kereta kedua masih melaju, menyusul kereta api milik Pertamina di depannya. Apalagi, lanjut Agus, palang kereta api di lokasi tidak lengkap. Kendati begitu, peristiwa tersebut tetap akan menjadi bahan evaluasi TNI AL.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya