Jelang KTT, Jokowi Tegaskan Tak Ingin ASEAN Jadi Proxy Negara Mana Pun

Presiden Jokowi meninjau kesiapan venue KTT ASEAN ke-42 di Golo Mori, NTT
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu 7 Mei 2023. Kunjungan Jokowi ke Labuan Bajo untuk mengecek kesiapan akhir tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN yang digelar pada 9-11 Mei 2023. 

Wow, Siswa SMP Negeri 255 Jakarta Masuk Nominasi Terbaik Kompetisi Menulis Surat untuk Presiden

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebut bahwa persiapan Indonesia sebagai tuan rumah KTT ke 42 ASEAN sudah rampung sepenuhnya. Menurutnya, saat ini hanya tinggal pelaksanaannya saja. 

"Semuanya sudah siap jadi tinggal pelaksanaan," kata Jokowi, setibanya di Bandara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Minggu sore.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Presiden RI Jokowi di KTT ASEAN, Kamboja

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Dalam kesempatan itu, Jokowi menekankan bahwa prinsip Indonesia adalah prinsip kolaborasi dan kerja sama dalam Keketuaan ASEAN 2023. Jokowi menegaskan ASEN siap untuk belerja sama dengan siapa pun.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

"Prinsip-prinsip Indonesia di keketuaan ASEAN adalah kolaborasi dan kerjasama dengan siapa pun dan kita tidak ingin ASEAN menjadi proxy siapapun, proxy negara mana pun," kata Jokowi 

Jokowi tiba di Labuan Bajo, Minggu, pukul 15.32 Wita, dengan ditemani Ibu Negara Iriana. Di hadapan wartawan, Jokowi menegaskan ASEAN harus terbuka menjalin kerja sama dengan negara mana pun.

"Yang kita inginkan adalah terbuka, terbuka kerjasama dengan siapapun, dengan negara manapun," tegasnya.

Presiden Jokowi Dalam Konferensi Khusus 30 Tahun Hubungan ASEAN-RRT

Photo :
  • Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

Dengan demikian, lanjutnya, penyelesaian setiap masalah di wilayah ASEAN dapat memegang prinsip dialog. "Sehingga penyelesaian setiap masalah yang ada di ASEAN adalah prinsip dialog, ini sangat penting sekali, terutamanya di dalam masalah Myanmar," ujarnya.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN berlangsung pada 9-11 Mei di Labuan Bajo. Kegiatan utama akan dilakukan di Hotel Meruorah dan Hotel Ayana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya