Jokowi: Alhamdulillah KTT ke-42 ASEAN Lancar

Presiden Jokowi melakukan konferensi pers pada pertemuan pemimpin KTT ASEAN 2023
Sumber :
  • Setpres

VIVA NasionalPresiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan hasil kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai tanggal 9 hingga 11 Mei 2023. Menurut Jokowi, kegiatan KTT ASEAN di Pulau Komodo berjalan lancar.

Jokowi dan Elon Musk Bakal Resmikan Layanan Starlink saat WWF di Bali

“Alhamdulillah KTT ke-42 ASEAN telah berhasil diselenggarakan dengan lancar dan hasil yang baik,” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis, 11 Mei 2023.

Menurut Jokowi, Indonesia ingin melihat ASEAN menjadi kuat dan mampu menghadapi berbagai tantangan ke depan. Kemudian, tanggap terhadap dinamika dan tetap memegang peran sentra di kawasan.

Ibu Negara Iriana Jokowi dan Pendamping Pemimpin ASEAN di KTT ke-42

Photo :
  • Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jokowi Sets New Rule for Social Health Insurance


PNS Terobos ke Belakang Jokowi Diamankan Paspampres, Kolonel Herman: Hindari Hal Tak Diinginkan
“Oleh karena itu, saya ajak para leader untuk berlayar bersama naik kapal pinisi agar suasananya rileks dan kekeluargaan,” ujarnya.

Karena, kata Jokowi, memang ASEAN ini adalah satu keluarga dalam ikatan yang sangat kuat dan kesatuannya penting untuk berlayar menuju tujuan yang sama.

“Menjadikan ASEAN sebagai epicentrum of growth dan kawasan damai, stabil dan sejahtera,” ujarnya.

Diketahui, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mengajak para pemimpin ASEAN beserta pendampingnya untuk menikmati keindahan Nusa Tenggara Timur naik kapal pinisi usai melakukan serangkaian kegiatan KTT ASEAN di Labuan Bajo pada Rabu, 10 Mei 2023.

Dari Marina Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, para pemimpin ASEAN menaiki kapal pinisi. Di atas geladak kapal, tampak para pemimpin ASEAN dan pendamping duduk melingkar di atas kursi rotan. Di tengah-tengah mereka terdapat meja kayu panjang.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana duduk di tengah. Di sebelah kanan Presiden Jokowi, duduk Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, sementara di sebelah kiri Iriana duduk istri Perdana Menteri Malaysia, Wan Azizah Wan Ismail.

Ketika kapal lepas sauh; suasana senja menambah hangat perbincangan para pemimpin saat mereka berlayar. Sambil menikmati minuman segar, para pemimpin berbincang hangat satu sama lain.

Dalam perbincangan tersebut, Presiden Jokowi juga bercerita dan mempromosikan destinasi wisata di Labuan Bajo. “Banyak tempat wisata di Labuan Bajo yang bagus, Pulau Rinca, ada Taman Nasional Komodo, Pulau Padar, ada juga Gua Batu Cermin. Labuan Bajo juga tempat yang bagus untuk diving dan snorkeling,” kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya