Wamenkumham Cicipi Makanan untuk Napi di Lapas Pekanbaru, Bagaimana Rasanya?

Wamenkumham RI, Edward Omar Sharif Hiariej kunjungi Lapas Pekanbaru
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

VIVA Nasional – Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) RI, Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej mengatakan bahwa Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas II A Pekanbaru dalam kondisi lingkungan yang ramah dan bersih. 

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Ia menyebut lingkungan itu dapat digunakan warga binaan atau narapidana untuk melakukan kegiatan yang positif. 

Hal tersebut dikatakan Eddy Hiariej saat melakukan peninjauan terhadap Lapas Kelas II A Pekanbaru pada Selasa 16 Mei 2023.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

"Pertama lapasnya bersih lingkungan ramah yang terpenting itu adalah warga binaan bisa menggunakan waktu untuk menciptakan hal2 yg positif," kata Eddy di Lapas Kelas II A Pekanbaru, Selasa 16 Mei 2023.

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Eddy tampak berkeliling satu ruangan ke ruangan lainnya yang ada di dalam Lapas Kelas II A Pekanbaru. Di sana seluruh warga binaan tampak dipekerjakan layaknya orang yang bukan menjadi warga binaan.

Narapidana atau warga binaan itu diajarkan untuk berjualan hingga memasak di dalam Lapas. Terlihat, di dalam lingkungan Lapas Kelas II A Pekanbaru ada warga binaan yang membikin sebuah kafe seperti biasanya.

Selanjutnya, Eddy menyebut bahwa Lapas Kelas II A Pekanbaru merupakan salah satu Lapas yang mendapat predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

"Saya lihat Lapas kelas II Pekanbaru ini telah memperoleh predikat WBK berarti istimewa karena WBK untuk lapas itu sulit dan sangat jarang," kata dia.

Kemudian, saat berkunjung ke Lapas Kelas II A, Eddy pun sempat mencicipi makanan yang hendak diberikan kepada sejumlah narapidana atau warga binaan yang ada di Lapas Pekanbaru. Eddy menyebutkan bahwa makanan yang disediakan untuk narapidana enak dan layak untuk dimakan.

"Karena enak saya abisin (makanan napi)," ucap Eddy.

Selain itu, Eddy juga turut mengunjungi Lapas khusus wanita Pekanbaru. Dalam kunjungannya, Eddy disambut oleh drum band hingga tari-tarian yang dilakukan oleh para narapidana wanita di Lapas Pekanbaru.

Eddy meminta kepada seluruh pihak Lapas Pekanbaru untuk tetap mempertahankan kinerja yang baik untuk para narapidana atau warga binaan di Lapas.

"Pesannya untuk meningkatkan kinerja yang profesional sehingga pelayanan bisa maksimal terutama warga binaan dan masyarakat pada umumnya," beber Eddy.

Selain itu, Eddy juga turut mengunjungi Kantor Imigrasi Pekanbaru. Ia tampak mengecek ruangan per ruangan di Kantor Imigrasi. Tak hanya itu, Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) itu juga turut mampir untuk mengecek Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru sebelum ditutup dengan Bermain Tenis Lapangan di Provinsi Pekanbaru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya