Resmikan Rumah Kaca Anggrek, Megawati Kenang Masa Kecil Tinggal di Istana Bogor

Megawati Resmikan Rumah Kaca Anggrek
Sumber :
  • PDIP

VIVA Nasional – Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri meresmikan Rumah Kaca Anggrek Soedjana Kassan yang berada dalam kompleks Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, 17 Mei 2023. 

Gaji Megawati Hangestri Naik Jadi Rp2,4 Miliar per Musim di Red Sparks, Kebeli Avanza Tiap Bulan

Megawati yang menjadi Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI), pada kesempatan itu bernostalgia saat masa kecilnya hingga menceritakan upayanya memperbanyak kebun raya di Indonesia. 

Megawati juga mengenang masa kecilnya ketika tinggal di Istana Bogor bersama sang ayah Presiden Pertama RI Soekarno. 

Qodari Sebut Jokowi dan Prabowo sebagai Dwitunggal: Tidak Bisa Dipecah Belah

Asyiknya Berwisata di Kebun Raya Bogor.

Photo :
  • U-Report

"Nostalgia sedikit. Saya, kan, anak presiden, suka tidur di Istana. Liburan, keliling Kebun Raya," kata Megawati Soekarnoputri dalam sambutannya, pada Kamis, 18 Mei 2023. 

Politikus Muda PDIP: Jokowi Membakar Rumahnya Sendiri

Megawati menuturkan bahwa dari Kebun Raya itu dia sering bermain bersama kakaknya. Bahkan, beberapa kali mereka bermain ke tempat-tempat yang berhubungan dengan alam. 

"Kalau ada truk sampah, selalu kami, kan, (main), saya taruh sepeda saya, saya ikut naik sama kakak saya ke truk sampah kecil yang sudah dibuang sampahnya. Mancing di Kali Ciliwung, lalu cari udang di sungai," ujar Megawati. 

Karena keterkaitannya dengan alam itulah yang membuat Megawati mendirikan Yayasan Kebun Raya Indonesia. Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu juga meminta jajarannya di BRIN memiliki semangat yang sama dalam melestarikan kebun raya dan memperbanyak ruang hijau.

"Saya minta banget, please, kalau kamu kerja, BRIDA dan BRIN di Kebun Raya untuk semangat dan disiplin. Ini untuk negara, bukan untuk diri sendiri," imbuhnya. 

Sebagai informasi, Rumah Kaca Anggrek Soedjana berdiri di lahan sekitar 6.818 meter. Di dalamnya terdapat 500 koleksi Bunga Anggrek se-Indonesia. Adapun, dari luasan sekitar 6.818 meter itu diperuntukkan untuk rumah kaca induk, laboratorium kultur jaringan, penghubung ruang Anggrek, serta ruang koleksi dan pameran Anggrek. 

Nama Soedjana Kassan sendiri diambil dari sosok pecinta tanaman hias, khususnya Anggrek. Soedjana merupakan orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Kepala Kebun Raya Bogor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya