Jemaah Haji Wajib Tahu, Begini Cara Daftar Aplikasi Nusuk untuk Masuk Raudhah

Jemaah Haji
Sumber :
  • Kemenkes

VIVA Nasional – Operasional penyelenggaraan haji 1444H/2023 M akan dimulai pada 24 Mei 2023 mendatang. Ini ditandai dengan pemberangkatan Jemaah haji kloter atau kelompok terbang pertama yang akan diterbangkan dari Indonesia menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz atau AMAA Madinah.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Salah satu agenda wajib Jemaah haji yakni mengunjungi Raudhah. Karena perubahan regulasi dari pemerintah Arab Saudi, untuk mengunjungi tempat yang berada di dalam masjid Nabawi tersebut tidak bisa lagi dilakukan sewaktu-waktu. Jemaah memiliki pilihan mendaftarkan diri lebih dahulu melalui aplikasi nusuk yang tersedia di appstore.

Dikutip dari situs Kemenag, Senin, 22 Mei 2024, Raudhah menjadi area yang selalu didatangi umat Islam untuk berdoa dan berziarah ke makam Rasulullah dan para sahabat. 

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Raudhah adalah tempat yang mulia dan istimewa. Sebab di sinilah sekitar 1400 tahun yang lalu, Rasulullah SAW beribadah, sholat, menerima wahyu, berdakwah dan juga tempat sholat para sahabat.

Apa itu aplikasi Nusuk?

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

aplikasi Nusuk

Photo :
  • Tangkapan layar

Nusuk merupakan sebuah platform untuk perencanaan, pemesanan, dan pengalaman resmi pertama, untuk membuat rencana perjalanan Umrah ke Makkah, Madinah, dan sekitarnya. 

Dengan Nusuk, wisatawan dari seluruh dunia dapat dengan mudah mengatur seluruh kunjungan mereka, mulai dari mengajukan eVisa hingga memesan hotel dan penerbangan.

Cara Download dan Daftar Aplikasi Nusuk

Aplikasi ini bisa di download atau unduh bagi jemaah yang akan menjalankan ibadah umrah atau haji. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pertama, unduh aplikasinya di appstore. Ketik Nusuk, kemudian akan muncul aplikasi tersebut berwarna cokelat. Klik unduh, selesai. Setelah selesai buka aplikasi tersebut.

2. Pada halaman utama akan muncul pertanyaan izin akses lokasi, kalender. Pilihan Bahasa yang tersedia yakni Arab dan Inggris. "Login" dan "New User". Jika belum pernah, bisa dipilih New User.

3. Kemudian masuk ke pingisian data, pilih kanan atas sebagai visitor. Isi nomor visa, paspor, kebangsaan, nomor telpon, email dan password akun nusuk. Setelah selesai, klik tiga pertanyaan di bawahnya, lalu tekan register.

4. Setelah itu sistem kemudian mengirim empat nomor pin via email sebagai aktivasi aplikasi nusuk.

5. Saat akan masuk ke aplikasi, sistem kembali mengirim kode verifikasi via email.

6. Setelah beres, di menu utama ada pilihan aktivitas. Pilih menu ke raudhah dibedakan antara perempuan dan laki laki. Seusai dipilih, akan muncul pilihan lagi, klik, dan tinggal pilih tanggal dan jam berkunjung. 

Jika sudah, aplikasi akan mengirim jadwal kunjungan sesuai pilihan. Ini yang digunakan bukti ke askar saat berkunjung ke raudhah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya