Gantikan Ibunya yang Meninggal, Pemuda Ini Jadi Calon Haji Termuda Solo

Calon jemaah haji termuda asal Solo bernama Nakata Firdaus Abdullah yang masih berusia 18 tahun.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Solo – Calon jemaah haji termuda asal Solo bernama Nakata Firdaus Abdullah yang masih berusia 18 tahun. Pemuda itu menunaikan ibadah haji untuk menggantikan ibunya yang meninggal dunia pada 2020.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Pastikan Tak Ada Lagi Haji Ilegal Tahun Ini

Pemuda kelahiran 14 Juni 2004 itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 52 calon jemaah haji asal Solo, Jawa Tengah. Meskipun menjadi calon haji termuda, ia tidak kikuk saat berkumpul bersama dengan calon jemaah haji lainnya yang usianya terpaut jauh di atasnya.

Nakata, yang masih kuliah semester dua jurusan Pendidikan Olahraga Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo, itu tidak terpikirkan sebelumnya akan menunaikan ibadah haji dalam usia 18 tahun. Ia bisa berangkat naik haji pada tahun ini karena menggantikan ibunya yang telah meninggal.

Haji Makin Mudah! Menag Yaqut dan Menhaj Tawfiq Bahas Layanan Baru untuk Jemaah Indonesia

Jemaah

Photo :
  • 1484176

“Saya menggantikan ibu saya karena meninggal tahun 2020 lalu sakit jantung. Setelah itu keluarga memutuskan saya untuk menggantikan Ibu naik haji karena Bapak sebelumnya sudah naik haji,” kata Nakata yang akan berangkat menuju Tanah Suci pada Jumat, 9 Juni 2023.

Indonesia-Arab Saudi Perluas Kerja Sama Penerbangan Haji dan Umroh, Intip Kesepakatannya

Meskipun bisa menunaikan ibadah haji pada usia belasan tahun, Nakata mengaku sedih karena seharusnya yang berangkat ke Tanah Suci untuk berhaji adalah ibunda tercinta Dwi Setyawati. Apalagi ibunya tersebut telah mendaftar sejak 2012.

“Harusnya ibu yang berangkat karena telah mendaftar sejak sebelas tahun lalu. Tetapi Ibu sudah dipanggil Allah sehingga ini amanah untuk menggantikan ibu melaksanakan ibadah haji,” ujarnya, lirih.

360

Photo :
  • 1484288

Dalam melaksanakan ibadah haji ini, ia mengaku telah melakukan berbagai persiapan seperti halnya manasik haji. Selain itu, untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci juga telah membawa berbagai perlengkapan yang diperlukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya