Kemendagri Bikin Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih, Jangan Kalah dengan Bendera Partai

Dirjen Politik dan Pemerintah Umum Kemendagri Bahtiar Baharuddin
Sumber :
  • Antara

Lhokseumawe, Banda Aceh – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meluncurkan gerakan 10 juta Bendera Merah Putih. Nah, peluncuran pertama dilakukan di Kota Lhokseumawe, Aceh.

92.493 NIK Warga Jakarta Bakal Dinonaktifkan Pekan Depan

"Kota Lhokseumawe, Aceh ini merupakan tempat perdana peluncuran atau launching 10 juta bendera untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78," kata Dirjen Politik dan Pemerintah Umum Kemendagri Bahtiar Baharuddin dikutip Antara pada Minggu, 18 Juni 2023.

Adapun, Bahtiar menyerahkan secara simbolis 10 juta bendera di Lapangan Hiraq, Kota Lhokseumawe, Banda Aceh. Menurut dia, setelah peluncuran di Aceh ini akan dilanjutkan ke arah timur Indonesia, yakni Pulau Sulawesi dan Papua serta daerah lainnya.

Menpan-RB Sebut ASN 38 Kementerian-Lembaga Prioritas Pindah ke IKN setelah Agustus

"Bendera Merah Putih ini merupakan bendera paling tinggi dan sebuah bendera berdaulat. Pengibaran bendera merah putih ini untuk meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia ke-78 di Indonesia, khususnya di Aceh," ujarnya.

Masyarakat Aceh, kata dia, sebagian besar merupakan aktor awal dari pembentukan negara Indonesia. Aceh sangat berperan dan berkontribusi besar dalam kemerdekaan.

Lebih dari 92 Ribu NIK Warga DKI Bakal Dinonaktifkan Pekan Ini

"Atas dasar tersebut, kami semua hadir di sini baik itu dari pemerintah pusat dan Kemendagri maupun gubernur," katanya.

Saat ini, Bahtiar mengingatkan bahwa sudah memasuki tahun politik sehingga akan banyak bendera partai politik yang terpasang berkibaran di sepanjang jalan. Akan tetapi, kata dia, Bendera Merah Putih harus paling tinggi berkibarnya diantara bendera partai politik tersebut.

"Terima kasih saya ucapkan kepada masyarakat Aceh, khususnya warga Lhokseumawe yang sangat mendukung program peluncuran perdana 10 juta bendera (Merah Putih). Sehingga, acara ini dapat berjalan dengan lancar," ujarnya.

SementaraPj Walikota Lhokseumawe, Imran mengatakan kegiatan 10 juta bendera tersebut bertujuan untuk menggerakkan jiwa patriotisme dan nasionalisme. Menurut dia, kegiatan ini memang sudah pernah dilakukan tahun lalu.

"Tahun ini, Kemendagri meminta Kota Lhokseumawe, Aceh untuk dilakukan launching perdana 10 juta bendera. Alhamdulillah, kegiatannya berjalan sukses berkat dukungan dan keramahtamahan warga Lhokseumawe dalam menyambut dan menerima tamu dengan baik," katanya.(Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya