Presiden Jokowi Terima Kunjungan Kaisar Jepang Naruhito di Istana Bogor

Presiden Jokowi terima kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jawa Barat – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito dan Permaisuri Masako di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin 19 Juni 2023. Pada kunjungan resmi kali ini, rangkaian penyambutan dimulai dari penyambutan kedatangan rombongan kendaraan saat memasuki Istana Kepresidenan Bogor.

Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Apresiasi Pendampingan UMKM

Setelah itu, dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan yang dilaksanakan di halaman depan Istana Kepresidenan Bogor. Upacara kenegaraan ini diiringi lagu kebangsaan dari kedua negara serta penembakan 21 dentuman meriam dan diakhiri dengan pengenalan delegasi dari kedua negara.

Upacara penyambutan kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Ucapkan Selamat Tinggal, Legenda Skating Jepang Shoma Uno Umumkan Pensiun

Presiden Jokowi dan Kaisar Naruhito juga melakukan sesi foto bersama dan penandatanganan buku tamu. Setelahnya Jokowi dan Naruhito akan menanam pohon di halaman sayap kanan Istana Kepresidenan Bogor.

Keduanya kemudian mengunjungi sekaligus berkeliling di Griya Anggrek Kebun Raya Bogor untuk melihat sejumlah koleksi anggrek yang dimiliki Kebun Raya Bogor dan diakhiri dengan pernyataan pers bersama.

Blak-blakan! Prabowo: Pak Jokowi Suruh Semua Menteri Kasih Data ke Saya

Keduanya juga menyempatkan diri melakukan pertemuan tatap muka atau tete-A-tete sementara itu Ibu Negara Iriana dan juga Permaisuri Masako akan melakukan kegiatan minum teh bersama usai mengunjungi Griya Anggrek.

Acara penyambutan kenegaraan hari ini akan ditutup dengan jamuan makan siang kenegaraan di ruang Garuda. Tampak sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir dalam upacara penyambutan Kaisar Jepang ini adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Seskab Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sebagaimana diketahui, kunjungan Kaisar Naruhito ke Indonesia merupakan kunjungan pertamanya setelah menduduki tahta pada 1 Mei 2019.

Sekretaris Pers untuk Kaisar Jepang Kojiro Shiojiri menyampaikan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako melakukan kunjungan selama lima hari ke Indonesia dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu 17 Juni 2023.

Sekretaris Shiojiri mengatakan bahwa Kaisar Naruhito mengunjungi Indonesia atas undangan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang berkunjung ke Jepang pada Juli tahun lalu.

Shiojiri juga mengatakan bahwa Kaisar Naruhito sangat ingin melihat langsung perkembangan hubungan antara Indonesia dan Jepang.

Selain itu, disebutkan bahwa tahun ini merupakan tahun yang bermakna karena hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang sudah mencapai 65 tahun dan 50 tahun hubungan antara Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Jepang.

Presiden Jokowi terima kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Shiojiri mengatakan Kaisar Naruito mengunjungi dua tempat di Jakarta, yaitu Depo MRT Lebak Bulus dan Stasiun Pompa Waduk Pluit, pada Minggu.

Selama kunjungan ke Depo MRT Lebak Bulus, Shiojiri menyebutkan bahwa Kaisar Naruhito menanyakan banyak hal dan mendapat penjelasan secara terperinci dari tenaga ahli asal Indonesia dan Jepang.

“Selama empat tahun (setelah diresmikan), ada satu prestasi, yaitu selama ini belum pernah ada kecelakaan, dan juga rasio operasional ketepatan waktu adalah 99,9 persen,” ujar Shiojiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya