Ribuan Personel Cakra Buana Siap Amankan Peringatan Bulan Bung Karno di GBK

7.000 anggota Satgas Cakra Buana melakukan apel akbar
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Wakil Komandan Satgas Nasional Cakra Buana, Letnan Jenderal (Purn) Ganip Warsito bersama Komandan Satgas Nasional Cakra Buana yang juga Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Partai, Komarudin Watubun, beserta para purnawirawan jendral meninjau langsung persiapan pasukan Cakra Buana dari seluruh Indonesia di Perkemahan Cibubur. Sebanyak 7.000 pasukan Cakra Buana dari Sabang hingga Merauke dengan serius mengikuti pembekalan menjelang Puncak Peringatan Bulan Bung Karno pada 24 Juni 2023, di Stadion Gelora Bung Karno. 

Arif Budimanta Sebut UU Cipta Kerja Beri Banyak Manfaat kepada Pelaku UMKM

“Saya katakan ini tugas berat. Karena menjadi model itu menjadi contoh bagi yang lainnya. Nanti akan ada 120.000 pasang mata di dalam stadion Gelora Bung Karno yang melihat kita semuanya. Belum lagi ditambah dengan puluhan ribu yang di luar menyaksikan melalui layar-layar yang disiapkan dan juga disiarkan langsung televisi nasional,” kata Ganip dalam keterangannya, Kamis 22 Juni 2023.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Apel Satgas Cakra Buana

Photo :
  • PDI Perjuangan
Jenazah Alexsander Parapak Korban Penembakan KKB Dievakuasi ke Mimika

Oleh karena itu, Ganip meminta kepada seluruh pasukan Cakra Buana yang berpartisipasi untuk bisa melaksanakan tugas tersebut dengan penuh keikhlasan dan dengan penuh ketulusan. 

“Tugas itu adalah kehormatan dan harga diri. Disiplin itu adalah ketaatan kepada peraturan, pada instruksi, yang kita laksanakan dengan keikhlasan. Jadi tanpa itu kita tidak akan bisa disiplin,” terang Ganip.

Gula Mahal, Satgas Pangan Pelototi Distribusi Produsen di Jawa Timur

Ganip menjelaskan, motivasinya dan latihan yang diberikan pelatih tidak akan berarti apa-apa jika tidak ada niat dan tekad yang dilandasai rasa tanggung jawab.

“Saya tidak ada apa-apanya, pelatih ini tidak ada apa-apanya, karena hanya mengantarkan saudara-saudara semua untuk melakukan tugas itu dengan sebaik-baiknya. Tetap kuncinya pada saudara-saudara semua,” jelasnya.

Ganip menjelaskan, keterlibatan Satgas Cakra Buana dalam peringatan puncak Bulan Bung Karno merupakan sebuah terobosan. Oleh sebab itu, Ganip berharap Cakra Buana bisa menjadi role model dalam hal kedisiplinan.

“Ini merupakan satu terobosan, untuk membuat siapa yang melihat kita akan terkesima, siapa yang melihat kita akan bangga, lalu menaruh hormat pada kita. Sekali lagi, kita ingin mencari bentuk, tampilan yang membanggakan PDI Perjuangan,” ujarnya.

Ratusan ribu kader & simpatisan PDIP di Gelora Bung Karno

Ratusan ribu kader & simpatisan PDIP di Gelora Bung Karno

Photo :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

Menutup arahannya, Ganip mengucapkan terima kasih dan mengutarakan rasa bangga kepada pasukan Cakra Buana yang sudah melakukan latihan dengan sangat baik. Ia berharap, format yang telah disiapkan bisa semakin baik setiap harinya.

“Sehingga pada tanggal 24 di puncak kegiatan Bulan Bung Karno kita semua bisa memberikan sesuatu yang membanggakan kepada Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Hj Megawati Soekarnoputri. Dan juga kepada Presiden tercinta kita, Ir Joko Widodo dan calon Presiden Republik Indonesia 2024 Ganjar Pranowo,” tutup Ganip disambut tepuk tangan meriah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya