Hampir 40 Ribu Orang Keluar Jakarta Pakai Kereta Api, Tujuan Favorit Jogja hingga Surabaya

Penumpang Kereta Api saat Libur Panjang
Sumber :
  • Humas PT KAI

Jakarta – Sedikitnya ada 38.200 warga keluar dari Jakarta dengan menggunakan transportasi Kereta Api (KA) pada hari pertama cuti bersama Idul Adha 1444 H, hari ini, Rabu 28 Juni 2023. Mereka keluar Jakarta dengan kereta dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang dan beberapa stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Pelakasana harian Manager Humas Daop 1 Jakarta, Feni Novida Saragih mengatakan, hal ini menunjukkan volume penumpang berangkat sudah mengalami peningkatan. Sekitar 16.000 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 31 KA yang beroperasi.

"Sementara volume penumpang berangkat dari Stasiun Gambir mencapai sekitar 15.500 dengan layanan 34 KA beroperasi. Selebihnya merupakan keberangkatan dari Stasiun Jatinegara, Bekasi, Karawang dan Cikampek," ujar dia kepada wartawan, Rabu 28 Juni 2023.

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

Kata dia, secara total okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan KA jarak jauh di area Daop 1 Jakarta pada hari ini telah mencapai 101 %. Angka tersebut, ungkap Feni, masih dapat terus meningkat karena proses penjualan tiket masih terus berlangsung.

"Sementara itu, sekitar 182.000 tiket telah terjual untuk keberangkatan jelang libur Idul Adha 1444 H dan periode libur akhir pekan panjang yakni 27 Juni sampai 2 Juli 2023 dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 27, 28 dan 29 Juni 2023," katanya.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Feni menambahkan, berdasar data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut, tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 86 sampai 100 % dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 28 Juni 2023. Dimana, kata dia, tingkat okupansi telah mencapai 101 %.

"Sedangkan Selasa kemarin sebanyak 100 % dari Tempat duduk tersedia. Namun demikian masyarakat tidak perlu khawatir, karena pada tanggal-tanggal tertentu tiket KA masih cukup banyak tersedia, misalnya Tanggal 29 dan 30 Juni serta Tanggal 1 dan 2 Juli. Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya