Wapres Ma'ruf Amin Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta – Masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam, hari ini tengah merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 H, yang jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Dalam pelaksanaan hari raya ini, umat Muslim mulai memenuhi Masjid Istiqlal, di kawasan Jakarta Pusat, untuk melaksanakan salat

Bertemu Menteri Haji Saudi, Wapres Minta Kuota Haji RI Ditambah Setiap Tahun

Menurut pantauan VIVA, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bersama dengan istrinya, Wury Estu Handayani, turut menghadiri Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Sekitar pukul 07.00 waktu setempat, Salat Idul Adha dimulai. 

Diketahui, sejak pukul 06.00, warga mulai memadati kawasan Masjid Istiqlal. Selain itu, kepadatan lalu lintas juga terjadi di sekitar kawasan masjid.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Masjid Istiqlal di kawasan Jakarta Pusat.

Photo :
  • Rifki Arsilan

Masyarakat yang antusias datang ke Masjid Istiqlal, juga memarkirkan kendaraannya di bahu jalan. Sejumlah kendaraan pihak keamanan juga disiagakan di sekitaran masjid. 

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Selain itu, masyarakat yang berdatangan memenuhi Masjid Istiqlal juga dilakukan pemeriksaan oleh Paspampres yang berjaga. Masyarakat, diminta untuk tidak berdesakan dan mengantri untuk memasuki masjid. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) RI, resmi menentukan bahwa 1 Zulhijjah 1444 H jatuh pada Selasa, 20 Juni 2023, dan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. 

"Oleh karenanya berdasarkan hisab seluruh hilal di seluruh Indonesia, sidang Isbat 1 Zulhijjah 1444 H secara mufakat jatuh pada 20 Juni 2023 Masehi, dan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 29 Juni 2023. Inilah hasil dari sidang isbat yang telah kami mufakati," kata Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa'adi, di Kementerian Agama RI, Minggu, 18 Juni 2023 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya